Yuk Lihat Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

nutrisi ibu hamil

Masa kehamilan adalah hal yang ditunggu-tunggu tiap pasangan yang baru menikah. Kebutuhan zat gizi ibu semasa hamil akan mengalami kenaikan sehingga perlu diperhatikkan. Salah satunya peningkatan kebutuhan gizi asam folat. Asam folat memegang peranan penting lho bagi ibu hamil. Berikut penjelasanya mengenai manfaat asam folat untuk ibu hamil.

Definisi  Asam folat

Asam folat (vitamin B9) merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Menurut data Word HealtOrganization (WHO) kejadian cacat bawaan fisik di Amerika Serikat 1,32 per 1000 kelahiran, salah satunya kekurangan asam folat, sedangkan di dunia 34% ibu hamil dengan anemia dimana 75% berada di negara sedang berkembang disebabkan karena kekurangan asam folat. Defisiensi asam folat apabila kadar asam folat di bawah normal yaitu folat serum < 3 mg/ml dan folat entrosit < 130 mg/ml. Suplementasi asam folat diperlukan untuk dikonsumsi karena jumlahnya yang sangat kecil pada makanan (sekitar hanya kurang dari setengah asam folat yang terdapat di dalam makanan dibandingkan dengan satu kali dosis asam folat.

Dampak bila konsumsi asam folat rendah

Ibu hamil harus meningkatkan asupan asam folat dengan mengonsumsi suplemen asam folat untuk menghindari cacat pada janin. Janin yang kekurangan asam folat akan dapat mengakibatkan cacat pada otak dan tulang belakang, lahir prematur, dan bayi lahir dengan berat badan lahir rendah (<2,5 kg ).

Manfaat asam folat bagi ibu hamil

  • Mencegah cacat tabung syaraf

Asam folat paling baik dikonsumsi pada awal kehamilan karena pembentukan neural tube dimulai pada minggu keenam dan semakin berdampak positif jika dikonsumsi semakin jauh sebelum konsepsi (4-8 minggu sebelum konsepsi) untuk semakin menekan resiko terjadinya NTD. Kelainan ini dapat mengenai meningen, vertebra, otot,dan kulit diantaranya anencephaly, encephalocele, meningocele kranial, myelomeningocele, spinal meningocele, lipomeningocele, spina bifida, dan beberapa cacat otak lainnya. Kelainan yang sering terjadi adalah spinal bifida dan anencephalty.

  • Mencegah anemia

Anemia megaloblastik adalah suatu keadaan yang ditandai oleh adanya perubahan abnormal dalam pembentukan sel darah, sebagai akibat adanya ketidaksesuaian antara pematangan inti dan sitoplasma pada seluruh sel seri myeloid dan eritorid. Anemia pada ibu hamil dapat memberikan efek buruk pada bayi seperti BBLR dan pada ibu seperti keguguran dan pendarahan saat melahirkan.

Anjuran asam folat

Kebutuhan asam folat untuk usia subur sebanyak 400 mikrogram/ hari dan unttuk inu hamil menjadi 600 mg/hari. Mengkonsumsi folat tidak hanya ketika hamil, tetapi sebelum hamil sangat di anjurkan.

Makanan tinggi asam folat

Sumber makanan yang mengandung asam folat adalah hati sapi (liver), brokoli, jeruk, bayam, hati ayam, daging dan sebagainya. Roti dan susu juga mengandung asam folat yang tinggi, sebab kini susu dan tepung terigu telah di fortifikasi mengandung asam folat.

Susu ibu hamil dengan kandungan asam folat

Lactona ibu merupakan susu yang diformulasikan untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Keunggulan dari lactona ibu dikemas dalam lactomama. Lactomama yang terdiri dari asam folat, vitamin B6 dan iodium, serat pangan, protein, kalsium dan zat besi. Lactona ibu membantu melengkapi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil.

Informasi produk lebih lanjut bisa klik link dibawah ini

https://produkmirotaksm.com/lactonaibu/

Referensi :      

Fathonah, S. (2016). Gizi dan Kesehatan untuk Ibu Hamil. Semarang: Erlangga

Devianty, C. (2013). Gambaran Pola Konsumsi Asam Folat Dan Status Asam Folat Pada Ibu Hamil Di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan: Universitas Hasanudin

Kristiyanasari, Weni. (2010). Gizi Ibu Hamil. Yogyakarta: Nuha Medika.

Tangkilisan, Helena Anneke. Debby Rumbajan. 2002. Defisiensi Asam Folat. Sari Pediatri Edisi 4 No. 1: hal 21-25