Tips Memilih Susu Kemasan Yang Menyehatkan Sesuai Kebutuhan Tubuh

susu kemasan
susu kemasan

Susu kemasan menjadi salah satu pilihan banyak masyarakat saat ini. Mengingat, susu memiliki peranan penting untuk memberikan nutrisi tubuh. Dengan kebutuhan tubuh yang berbeda-beda, termsuk selera, ada orang yang sangat menyukai susu yang sudah dikemas dengan rasa tertentu.

Misalnya, Anda dapat memilih rasa susu cokelat, rasa stroberi, susu almond, dan susu kedelai. Atau, bahkan yang tanpa adanya penambahan rasa. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa seorang anak yang rajin minum susu pada pagi hari memperoleh kebutuhan nutrisi lebih banyak.

Nah, untuk Anda yang hendak membeli susu kemasan, berikut adalah tips yang harus Anda tahu sebelum memilih.

Cari Tahu Pengolahan Susu

Dengan mencari tahu proses mengolah susu, maka Anda dapat memilih sesuai kebutuhan. Pengolahan susu membuat Anda dapat memilih susu pasteurisasi dan UHT.

Agar mendapatkan kualitas susu terbaik, maka banyak yang memilih beli susu segar dari peternakan. Kemudian, And dapat memasak susu tersebut sebagai proses pasteurisasi. Susu pun siap diminum.

Jangan salah, susu pasteurisasi juga tersedia dalam bentuk kemasan. Susu UHT juga bahkan sudah melewati proses pemanasan untuk menghilangkan bakteri. Kendati demikian, masih ada kelebihan pada susu UHT, yaitu dalam hal daya simpan.

Susu UHT dapat bertahan lebih lama jika Anda membandingkannya dengan susu pasteurisasi. Proses pasteurisasi dapat membasmi bakteri jahat. Sehingga, hanya tersisa bakteri baik pada susu. Anda juga dapat memilih antara susu kemasan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

susu kemasan

Perhatikan Kemasan

Kemasan susu sangat mempengaruhi kualitas dan daya tahan susu tersebut. Untuk susu kemasan karton, kemasan seharusnya tidak menggembung karena udara dan tidak rusak. Sedangkan jika Anda membeli susu dalam kemasan botol, maka pilih susu yang tidak terpapar sinar matahari.

Jika susu terkena paparan sinar matahari, maka kemasan botol tipis tentu membuat kualitas susu jadi rusak.

Baca Label Keterangan Kemasan

Setiap produk yang beredar di pasaran, untuk makanan dan minuman selalu dilengkapi dengan label informasi. Fungsinya adalah untuk memberi tahu apa saja kandungan pada produk tersebut. Sama dengan susu, kadar gula atau kadar kalori pada setiap porsi susu dapat Anda temukan melalui label keterangan makanan.

Nah, selanjutnya Anda tinggal menyesuaikan apakah label tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari atau belum.

Salah satu label yang perlu diperhatikan adalah label susu sapi grassfed. Ini menandakan sumber susu yang digunakan berasal dari sapi-sapi New Zealand susu yang makan rumput-rumputan dan tanpa penambahan hormon pertumbuhan. Pemilik sapi akan memberikan rumput-rumputan dengan cara menggembala sapi di padang rumput.

Pilih Ukuran Tepat

Jika ingin mengonsumsi secara pribadi, perhatikan terlebih dahulu ukuran susu yang ingin Anda beli. Susu kemasan terlalu besar tentu bukan pilihan tepat jika Anda tidak dapat menghabiskannya sesegera mungkin.

Ketika Anda menyimpan susu dalam kulkas, walaupun sudah Anda buka tetap aman untuk konsumsi sampai esok harinya. Sementara itu, meletakkan susu yang sudah dibuka pada suhu ruangan hanya membuat susu tersebut bertahan selama tiga jam saja. Selanjutnya, rasa dan kandungannya tentu sudah berubah.

susu kemasan

Pilih Susu Dingin

Ketika Anda membeli susu pada supermarket, ada baiknya untuk membeli susu pada rak pendingin, mengapa? Karena suhu rendah atau suhu sejuk pada lemari pendingin dapat membantu agar susu tetap berkualitas dan segar. Sehingga, nutrisi pada susu sapi kemasan yang ada tetap terjaga.

Cek Kandungan Gula

Kandungan gizi pada makanan atau minuman kemasan dapat Anda lihat pada bagian informasi nilai gizi. Susu dengan adanya tambahan perasa biasanya mencantumkan informasi komposisi tambahan tersebut.

Ahli gizi menyebutkan bahwa kandungan kalori susu dalam kemasan biasanya antara 140 sampai 150 kalori. Sedangkan kandungan gula juga ada batasnya. Sebaiknya tidak mengonsumsi gula melebihi batas maksimal.

Ketika Anda mengonsumsi susu kemasan, maka sesuaikan dengan kebutuhan gula yaitu 50 gram. Tidak masalah untuk meminum susu yang mengandung tambahan perasa. Anda harus memperhatikan bagian kandungannya.

susu kemasan

Cek Tanggal Kedaluwarsa

Memang, tanggal kedaluwarsa tidak menjamin apakah kualitas produk itu bagus atau tidak. Misalnya, jika tanggal kedaluwarsa masih lama, tetapi  cara penyimpanan susu kurang tepat, justru akan membuat kualitas susu itu sendiri kurang baik.

Jika Anda bisa menyimpan produk susu pada tempat yang tepat dengan cara yang sesuai, maka susu dapat bertahan lebih lama, walaupun sudah lewat tanggal kedaluwarsa.

Di California, sebuah lembaga nutrisi untuk anak memberikan saran tentang cara penyimpanan susu yang sesuai, yaitu mulai dari 3 sampai 7 derajat Celcius, termasuk disini susu pertumbuhan anak.

Disisi lain, sangat penting juga untuk mengetahui tanggal kedaluwarsa. Kedaluwarsa berarti susu tersebut sudah melewati batas aman konsumsi. Informasi tanggal tersebut biasanya ada pada bagian samping atau bawah kemasan susu.

Sedangkan untuk susu yang sudah tidak layak minum dapat Anda lihat dari aromanya. Dengan aroma asam, Anda harus membuang susu tersebut karena sudah tidak layak untuk konsumsi.

Karena kebutuhan gizi masing-masing orang sangat berbeda, memilih susu kemasan harus sesuai keadaan tubuh dan kebutuhan energi. Seseorang yang memiliki masalah kolesterol, susu rendah lemak bisa jadi pilihan tepat. Sedangkan seseorang yang memiliki masalah alergi susu hewani, maka sebaiknya mengonsumsi susu dengan bahan nabati.

Salah satu produsen susu kemasan terbaik adalah PT Mirota KSM. PT Mirota KSM ini memiliki produk susu grassfed unggulan yaitu mirota grassfed. Beberapa produk yang termasuk dalam mirota grassfed adalah Lactona Gold 1+, Lactona 3, Lactona Ibu, Prosteo, Prosteo Plus, dan Prosteokidz.

susu kemasan