Susu Yang Banyak Mengandung Kalsium untuk Lansia, Apa Ciri-Cirinya?

Susu yang banyak mengandung kalsium

Susu yang banyak mengandung kalsium sangat disarankan untuk orang tua. Bukan hanya anak-anak saja yang membutuhkan asupan kalsium terpenuhi dalam sehari-hari. Tetapi para lansia juga sangat membutuhkan asupan kalsium. Bahkan sangat disarankan bahwa setiap lansia mengkonsumsi susu yang memiliki kandungan kalsium tinggi.

Kalsium memang diperlukan oleh tubuh agar kekuatan tulang dan gigi tetap terjaga. Tidak hanya itu, tetapi kalsium juga membantu jantung, otot, dan saraf agar tetap sehat. Setiap hari, orang dewasa akan membutuhkan sekitar 1000 mg kalsium. Sedangkan bagi lansia di atas 50 tahun membutuhkan 1200 mg kalsium dalam satu hari.

Susu yang banyak mengandung kalsium

Apa Dampak Kekurangan Kalsium? 

Kekurangan kalsium sebenarnya tidak selalu menunjukkan gejala. Apalagi jika kalsium hanya kurang di waktu yang singkat. Namun, ada juga sebagian orang yang menunjukkan gejala kekurangan kalsium dalam jangka panjang. Jadi berikut ini kondisi yang sering sekali muncul.

  • Nafsu makan berkurang
  • Mudah lelah
  • Tulang rapuh atau mudah patah.
  • Kuku dan rambut rapuh
  • Kesemutan
  • Ada rasa nyeri otot dan kram
  • Kejang
  • Gangguan psikologis seperti mudah lupa, bingung, dan depresi.

Tetapi kekurangan kalsium jangka panjang dan tidak mendapatkan penanganan justru bisa memberikan risiko yang lebih serius seperti berikut.

  • Osteoporosis
  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi menyerang
  • Adanya kanker
  • Preeklamsia pada ibu hamil.

Kekurangan kalsium ternyata juga bisa dikarenakan kurangnya asupan vitamin D. Tidak hanya itu, efek samping obat tertentu juga bisa mengganggu penyerapan nutrisi. Maka dari itu disarankan bagi lansia untuk mengkonsumsi susu yang mengandung banyak kalsium. Nah, pahami juga ciri-ciri dari susu terbaik untuk para lansia.

susu kalsium untuk lansia

Ciri-Ciri Susu yang Mengandung Banyak Kalsium untuk Lansia

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika akan memilih susu untuk lansia. Memilih susu dengan tepat akan membantu kesehatan orang tua terjaga. Seperti berikut ciri-ciri kalsium tinggi yang baik untuk lansia.

Memiliki Kandungan Vitamin D dan Kalsium

Sudah disebutkan di atas bahwa kandungan vitamin D dan kalsium untuk para wakil sangat dibutuhkan. Ketika akan memilih susu kalsium pastikan anda membaca produk kemasan dan lihat berapa jumlah vitamin D dan kalsium dalam susu tersebut. Anda juga bisa membandingkan satu susu dan lainnya berapa jumlah kalsium yang ada.

Ada Kandungan Vitamin C dan Vitamin E

Tidak hanya vitamin D, tetapi vitamin C dan E juga harus ada. Susu yang memiliki kandungan vitamin C dan E akan membantu menjadi antioksidan dan menguatkan daya tahan tubuh lansia. Semakin bertambahnya usia, lansia akan merasakan penurunan daya tahan tubuh dan membuat mereka rentan terhadap penyakit.

Cukupi Kebutuhan Protein

Selain itu, anda juga harus mencari susu dengan kandungan protein tinggi. Hal ini akan membantu anda tetap aktif dan tidak mudah lelah. Protein menjadi salah satu gizi yang juga dibutuhkan oleh para lansia.

Usahakan Rendah Gula

Di usia yang rentang dengan berbagai macam penyakit usahakan mengkonsumsi susu rendah gula. Dengan begitu akan terhindar dari penyakit diabetes yang sering sekali diderita oleh para lansia. Lihat takaran gula yang ada di dalam kemasan susu. Selain menemukan susu yang banyak mengandung kalsium ternyata para orangtua juga harus melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu pastikan sebelum membeli lihat kemasan produk susu terlebih dahulu. Apabila semua nilai gizi terpenuhi maka bisa digunakan untuk dikonsumsi setiap hari.