Susu Yang Banyak Mengandung Kalsium Tinggi Bagi Remaja

susu yang mengandung kalsium tinggi

Susu yang banyak mengandung kalsium tinggi dapat membantu proses pertumbuhan remaja jadi lebih baik. Mungkin anda sudah tahu bahwa masa remaja adalah juga bagian penting dalam proses pertumbuhan. Sebagai orang tua, tentu anda harus memastikan bahwa kebutuhan kalsium remaja terpenuhi dengan baik. Tidak hanya kalsium, tetapi asupan lain juga harus ada.

Tahukah anda bahwa kebutuhan kalsium bagi remaja wanita atau wanita dewasa lebih tinggi. Namun sayangnya tidak banyak yang mengetahui hal ini dan cenderung menganggap kebutuhan kalsium sebagai hal sepele. Nah, anda dapat memberikan asupan susu sesuai kebutuhan remaja.

Berapa banyak kebutuhan kalsium untuk tubuh remaja? Hal ini harus dipahami lebih dulu. Kebutuhan kalsium seseorang akan berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan usia. Begitu juga untuk remaja yang sedang dalam pertumbuhan. Berikut ini penjelasan kebutuhan kalsium bagi remaja yang sedang dalam pertumbuhan.

susu yang mengandung kalsium tinggi untuk remaja

Kebutuhan Kalsium Remaja untuk Masa Pertumbuhan

Jumlah kalsium dapat ditentukan tergantung dari usia orang. Berikut ini rekomendasi kebutuhan kalsium pada masing-masing usia.

  • Usia 1-3 tahun kebutuhan 700 mg dalam satu hari
  • Usia 4-8 tahun kebutuhan 1000 mg dalam satu hari
  • Pada usia 9-18 tahun kebutuhan 1300 mg dalam satu hari
  • Usia 19-50 tahun kebutuhan 1000 mg dalam satu hari.
  • Sedangkan 51-70 tahun membutuhkan 1200 mg dalam satu hari.
  • Di atas 71 tahun membutuhkan 1200 mg dalam satu hari.

Puncak kepadatan tulang akan terjadi pada usia 30 tahun. Jadi pada masa remaja ada baiknya berikan asupan kalsium sesuai dengan kebutuhan. Setelah usia 30 tahun dan tulang mulai kehilangan kepadatannya maka bisa saja tetap sehat karena asupan kalsium terpenuhi dengan baik.

susu yang banyak mengandung kalsium tinggi

Memilih Susu Yang Banyak Mengandung Kalsium Tinggi

Ada tips yang bisa anda gunakan untuk memilih susu yang banyak mengandung kalsium tinggi bagi remaja. Berikut ini hal yang bisa dicoba.

Penuhi kandungan Kalsium & Vitamin D

Pertama, para remaja harus memilih susu yang memiliki kalsium dan vitamin D. Susu kalsium tersebut akan membantu masa pertumbuhan remaja terpenuhi dengan baik. Tidak hanya itu tetapi kalsium dan vitamin D akan membantu memperkuat tulang. Sekalipun tubuh bisa memproduksi kalsium sendiri, tetapi tidak akan optimal tanpa bantuan dari asupan susu atau makanan.

Penuhi Kandungan Zat Besi

Selanjutnya anda juga disarankan memilih susu untuk remaja yang memiliki kandungan zat besi. Kandungan tersebut akan membantu untuk menjaga agar terhindar dari anemia. Zat Besi memang memiliki manfaat untuk membuat sel darah di dalam tubuh.

Pilih Susu Kalsium Rendah Lemak

Bagi para remaja yang ingin mendapatkan susu kalsium tinggi cobalah memilih susu rendah lemak. Proses perkembangan menjadi bagian penting, jangan sampai nantinya anak terserang obesitas di usia muda karena kadar lemak dalam susu. Anda bisa membaca berapa takaran lemak dalam susu tersebut. 

susu yang mengandung kalsium tinggi

Penuhi Kandungan Nutrisi Lain

Selain vitamin D, kalsium, dan juga Zat besi tentu setiap remaja harus mendapatkan asupan penting lainnya. Misalnya vitamin C, vitamin E, serat, dan masih banyak kandungan lain. Dengan begitu akan membantu masa pertumbuhan anak remaja lebih maksimal.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika anda akan memilih susu untuk pertumbuhan remaja. Selain harus memperhatikan semua kebutuhan nutrisi, orang tua harus memastikan bahwa kemasan susu masih bagus dan lama dari tenggat waktu kadaluarsa. Susu yang banyak mengandung kalsium tinggi yang tepat dibutuhkan oleh anak remaja dalam masa pertumbuhan.