Susu Yang Baik Untuk Tulang, Apakah Ini Saja Sudah Cukup?

susu kemasan

Susu yang baik untuk tulang dibutuhkan oleh semua usia. Vitamin D dan kalsium merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan baik bagi pertumbuhan tulang untuk membuatnya lebih padat juga kuat. Susu tulang sangat dibutuhkan terutama pada usia pertumbuhan akan membantu anak memiliki tinggi badan ideal. 

Apakah Susu untuk tulang hanya bisa dikonsumsi oleh anak dengan usia pertumbuhan? Sebenarnya tidak, sebab orang dewasa juga membutuhkan susu yang kaya kalsium dan vitamin D untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang. 

Pengeroposan tulang atau osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang dan biasanya terjadi setelah masa pertumbuhan selesai. Jika anda pada proses perkembangan tulang tidak ditopang dengan nutrisi yang dibutuhkan dalam kadar cukup mungkin bisa saja mengalami tulang retak atau bahkan patah. 

susu tulang

Cara Memilih Susu yang Baik untuk Tulang 

Ketika masa pertumbuhan tulang dapat melakukan regenerasi dengan tulang baru. Tetapi ketika sudah memasuki akhir usia 20-an atau menginjak usia 35 maka proses perkembangan akan berhenti dan tulang akan mengalami penurunan pada kepadatannya. 

Lantas jika ingin membeli susu untuk tulang apa yang harus diperhatikan? 

Pilih Susu untuk Cegah Osteoporosis

Pertama, anda harus memilih susu untuk atasi osteoporosis. Orang dewasa juga membutuhkan susu agar kepadatan tulang bisa terjaga dengan baik. Nah, anda harus memahami bahwa susu untuk tulang tidak diciptakan mengobati osteoporosis.

Tetapi untuk mencegah osteoporosis dan anda juga harus mengkonsumsi beberapa zat lain yang mendukung kepadatan tulang. Disarankan untuk terus mengkonsumsi susu tulang ketika anda memasuki fase usia 20-30 tahun.

Pahami Kebutuhan Kalsium

Kebutuhan kalsium antara anak, remaja, dan orang dewasa tentu akan berbeda. Hal ini juga bisa berdampak buruk bagi tubuh jika mendapatkan kalsium terlalu berlebihan. Untuk itu disarankan untuk anda memahami berapa banyak kalsium yang dibutuhkan bagi usia anak, remaja, maupun orang dewasa. 

Tidak Semua Susu Baik untuk Tulang

Selanjutnya Anda juga harus sadar bahwa tidak semua susu yang baik untuk tulang. Memang rata-rata produksi susu bisa mempromosikan pemeliharaan tulang, tetapi untuk penjagaan pada tulang belakang tidak semua bisa. Bahkan olahan susu juga bisa memberikan risiko terhadap kesehatan.

susu berkalsium tinggi

Minum Susu untuk Tulang Saja Tidak Cukup

Mengkonsumsi Susu untuk tulang memang membantu menjaga anda untuk terhindar dari kerapuhan tulang di masa tua. Sekalipun digunakan untuk mencegah terjadinya osteoporosis tetapi pemenuhan kalsium dari susu saja belum cukup. Hal tersebut berhubungan dengan nutrisi lain dan gaya hidup yang memiliki pengaruh besar pada kepadatan tulang.

Selain kalsium ternyata nutrisi yang penting seperti vitamin D juga harus dipenuhi. Vitamin D akan membantu mendukung penyerapan kalsium jauh lebih baik. Tidak hanya vitamin C Tetapi ada juga vitamin K yang akan memperkokoh struktur tulang. Anda juga harus memulai membiasakan gaya hidup sehat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan termasuk pada tulang. 

Dari beberapa pola hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi asupan kafein, tidak mengkonsumsi alkohol, hindari mengkonsumsi natrium dari garam yang terlalu berlebihan, dan masih banyak lagi beberapa hal lain yang bisa mengganggu kesehatan tulang. 

Cukup banyak susu yang baik untuk tulang di pasaran dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat memeriksa komposisi yang terkandung di dalam susu tersebut sebelum membelinya. Dengan begitu mungkin anda akan mendapatkan asupan yang tepat untuk kesehatan tulang dan sendi. Selain susu, kebiasaan hidup sehat  dan mengonsumsi makanan yang mendukung kebutuhan gizi tubuh juga sebaiknya tidak diabaikan.