Susu Sapi Kemasan Yang Sering Dikonsumsi

Banyak orang yang masih belum tahu apa saja jenis susu sapi kemasan yang beredar di pasaran. Misalnya, Anda mungkin membeli susu kental manis, fresh milk, dan lainnya. Dengan banyaknya jenis susu, msaing-masing punya kegunaan dan manfaat yang jelas berbeda.

sapi kemasan

Jenis Susu Sapi Yang Dijual Kemasan

Itulah mengapa, sangat penting bagi Anda untuk tahu apa saja jenis susu sapi kemasan yang bisa dikonsumsi. Berikut adalah informasi yang dapat Anda simak.

Susu Sapi Low Fat

Ingin jaga kesehatan tulang tanpa takut gemuk? Susu sapi Low Fat jadi pilihan tepat. Hal ini karena level lemak yang ada adalah rendah. Sedangkan di pasaran, susu low fat ada dalam bentuk cair.

Susu Flavored

Masuk dalam kategori susu low fat, susu flavored merupakan susus sapi kemasan yang punya tambahan rasa seperti cokelat, vanilla, strawberry. Artinya, susu tersebut sudah dicampur dengan bahan perasa untuk membuat rasa lebih lezat dan disukai anak-anak.

Susu ini juga bahkan punya kandungan gula lebih banyak dibandingkan jenis susu lain.

Susu Evaporated

Susu ini punya tekstur yang mirip dengan susu kental manis. Hanya saja, rasa susu ini cenderung punya cita rasa tawar. Dengan melalui proses evaporasi, uap pada susu jadi menghilang untuk membuat susu jadi sangat kental.

Susu UHT

UHT adalah susu yang ada di pasaran, merupakan singkatan dari ultra high temperature dan sudah melewati proses pemanasan. Susu ini punya kemiripan dengan susu pasteurisasi dengan proses pemanasan.

Yang membuat beda Susu UHT dengan pasteurisasi adalah suhu pemanasan yang hanya 140ºC dan waktu pemanasan 2 detik.

Kemudian, susu dikemas menggunakan karton kedap udara, mirip seperti Tetra Pack. Sehingga, dapat disimpan untuk waktu lama.

Susu Sapi Kemasan – CLA

CLA adalah singkatan dari Conjugated Linoleic Acid. Susu tersebut dijual di pasaran untuk membuat tubuh laki-laki atau wanita lebihh ramping. Itulah mengapa, susu ini punya kandungan asam yang dapat membakar lemak dengan cepat. Kemudian, dapat membentuk otot.

Susu Calcium Enriched

Selain full cream, ada sjuga susu calcium enriched. Apa beda keduanya? Susu calcium enriched punya kalsium lebih banyak, namun dengan kandungan lemak yang rendah. Itulah mengapa, susu calcium enriched tidak membuat gemuk.

Susu Pasteur

Apa itu susu Pasteur? Sama seperti namanya, jenis susu tersebut adalah susu sapi segar, kemudian dipasteurisasi pada suhu sampai 85 ºC kurang lebih 15 menit. Proses ini penting untuk membuang bakteri pathogen yang merugikan kesehatan.

Susu Skim

Apakah Anda sedang menjalankan diet? Jika iya, dan memang tidak mau mengonsumsi susu berlemak, maka susu skim bisa jadi pilihan tepat untuk susu sapi kemasan.

Susu tersebut punya kandungan lemak tidak sampai 1%. Susu tersebut juga dapat ditemukan dalam bentuk bubuk dan cair.

Susu Full Cream

Jenis susu ini sangat laris di pasaran dan bahkan dapat dikonsumsi oleh banyak kalangan. Selain orang dewasa, anak-anak juga dapat menikmati susu tersebut, mengapa? Karena kandungan kalsium tinggi dengan adanya vitamin A dan vitamin D.

Selain itu, susu full cream punya kandungan lemak mencapai 4%. Suusu ini juga seringkali untuk tambahan adonan cake, karena fungsinya untuk memberi rasa gurih. Bahkan, juga dapat digunakan sebagai pelembut roti.

Jenis susu ini tersedia dalam bentuk kental manis, cair, dan bubuk. Beberapa contoh merk yang tersedia adalah Dancow, Frisian Flag, dan Ultra Jaya.

Jenis Susu Sapi Kemasan Terbaik Menurut Pakar

susu sapi kemasan

Mengingat ada begitu banyak jenis susu sapi kemasan, mungkin Anda merasa bingung manakah susu yang tepat untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi, susu digadang-gadang sebagai pelengkap nutrisi. Orang dewasa juga butuh minum susu sebanyak dua sampai tiga gelas per hari. Salah satu susu yang cocok untuk dewasa adalah susu kalsium.

Dilansir dari Detik, Dr. Matthew Lants Blaylock, PhD selaku ahli gizi menyebutkan bahwa susu yang baik adalah susu segar.

Susu segar atau fresh milk adalah susu yang langsung diperah dari sapi secara langsung. Kemudian, susu tersebut diproses tanpa tersentuh tangan, sehingga membutuhkan teknologi canggih.

Dalam sebuah acara rilis, Matthew menyebutkan bahwa susu kaleng atau susu kental manis bukanlah susu. Namun, lebih disebut sebagai permen karena kandungan susu yang sedikit dan lebih banyak gula.

Jika ingin mengonsumsi susu segar seperti fresh milk, tentu harus dikonsumsi dalam jangka waktu yang pendek. Jenis susu sapi ini hanya bisa bertahan tiga sampai empat jam saja jika diletakkan di suhu luar ruangan.

Sehingga, Anda harus terus menyimpannya di lemari pendingin. Untuk tetap memenuhi kebutuhan tersebut, susu sapi kemasan seperti susu UHT muncul di pasaran. Pastikan untuk mencari UHT yang dibuat dari susu segar murni.

Misalnya, belilah susu seperti ini yang langsung dari peternakan sapi. Susu fresh seperti ini dikemas dengan teknologi canggih. Sehingga, tidak ada kontaminasi bakteri yang justru membahayakan kesehatan.

Tips Memilih Susu Sapi Kemasan Terbaik

susu sapi kemasan

Selain itu, jika memilih brand atau merk susu UHT, pastikan untuk mencari dengan cek label komposisi. Susu yang baik adalah yang tidak menggunakan pemanis buatan. Sehingga, rasanya tetap manis dengan tambahan gula alami.

Bahkan, sebaiknya juga pastikan untuk mempelajari susu organik dan susu anorganik. Maksudnya, susu organik dihasilkan dari sapi perah yang mengonsumsi pakan organik, tanpa ada kontaminasi pestisida, atau bahan kimia.

Beberapa perusahaan bahkan menyediakan suntik hormone. Caranya adalah dengan menambahkan obat suntik. Tujuannya agar sapi bisa memproduksi lebihs banyak susu. Hal ini harus dihindari. Bertentangan dengan susu organik, susu anorganik dihasilkan dari sapi yang sudah mengonsumsi pakan yang mengandung bahan kimia.

Salah satu susu organik yang terkenal adalah susu grassfed. Kini PT Mirota hadir dengan produk-produk susu grassfednya yaitu Mirota Grassfed. Mirota Grassfed ini sendiri memiliki 2 varian utama yaitu Lactona Grassfed dan Prosteo Grassfed.

Itulah informasi yang dapat Anda simak tentang apa saja jenis susu sapi dalam kemasan yang dapat Anda konsumsi. Pastikan untuk selalu menjadi konsumen yang cerdas agar dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Susu sapi kemasan juga tersedia dalam berbagai jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan, semoga bermanfaat!