Susu Kalsium Untuk Tulang Dan 5 Manfaat Lainnya

susu tinggi kalsium

Susu kalsium untuk tulang memang adalah minuman yang banyak kita nikmati saat masih kecil. Kalsium adalah sumber penting untuk tetap menjaga kesehatan untuk tulang. Tapi, apakah hanya itu saja?

Ternyata, mengkonsumsi segelas susu secara rutin tidak hanya bermanfaat untuk tulang. Kandungan nutrisi secara ilmiah membantu supaya tubuh dapat bergerak aktif.

Selain tulang, kandungan nutrisi pada susu kalsium untuk tulang ternyata juga bagus untuk sendi dan otot. Berikut adalah berbagai manfaat jika anda rajin minum susu setiap hari.

susu tulang dewasa

Nutrisi Tulang

Vitamin D dan Kalsium adalah dua kandungan penting dan utama untuk memberikan nutrisi pada tulang. Sehingga, tulang jadi kuat, sedangkan untuk Zinc dan Magnesium sangat baik untuk menjaga struktur pada tulang.

Kolagen dan Sendi

Apa fungsi kolagen? Mungkin anda juga sudah tahu betul bahwa kolagen berhubungan erat dengan kulit. Sebagian dari kita bahkan membutuhkannya karena merupakan suplemen harian.

Selain itu, kolagen juga berfungsi sebagai unsur utama. Kolagen dibutuhkan tulang rawan untuk membantu supaya tubuh bebas bergerak.

Susu Kalsium Untuk Tulang Kaya Protein

Anda mungkin menikmati waktu untuk melakukan olahraga. Bahkan, sangat menyukai tubuh bugar. Protein dan Magnesium adalah dua kandungan penting yang akan mendukung pertumbuhan serta peremajaan otot.

Tentu saja, kandungan protein pada susu kalsium untuk tulang sangat membantu kesehatan otot. Jadi, manfaatnya adalah selain untuk kesehatan tulang, otot anda pun jadi kuat!

susu rendah lemak

Vitamin dan Antioksidan Untuk Sendi dan Otot

Vitamin C serta Vitamin E merupakan antioksidan. Kandungannya sangat efektif untuk mengurangi pengaruh buruk, terutama radikal bebas. Dengan adanya Vitamin B6 serta Vitamin B12, maka dapat membantu melepaskan energi yang ada pada asupan makanan. Kesehatan otot juga jadi lebih sehat.

Nah, jadi kalau anda ingin mencari produk susu kalsium untuk tulang, pastikan cari yang dapat menjaga kesehatan tulang, sendi, serta otot.

Apa Yang Terjadi Jika Kekurangan Kalsium?

Ketika tubuh kekurangan kalsium, maka dampak buruknya adalah osteoporosis. Kondisi dimana tulang jadi keropos dapat terjadi karena menurunnya kepadatan tulang.

Akibatnya, struktur tulang rentan sekali retak, atau bahkan juga patah. Osteoporosis juga tidak menunjukkan adanya gejala secara signifikan. Namun, ada beberapa hal yang dapat anda pelajari. Contohnya adalah ketika punggung terasa nyeri atau postur tubuh sedikit bungkuk.

Selain itu, mungkin anda mengalami masalah lain seperti sulit berjalan dan mengalami retak tulang.

Memang, tulang rapuh dapat melakukan regenerasi, yaitu dengan mengganti tulang baru. Hanya saja, hal tersebut akan terjadi pada masa pertumbuhan. Artinya, jika usia anda sudah lebih dari 15 tahun, tulang sudah tidak mampu untuk tumbuh kembali.

Pada akhir usia 20 tahun, kepadatan atau massa tulang kemudian berhenti tumbuh. Nah, pada usia ke 35 tahun, proses penurunan massa tulang pun mulai berjalan. Anda dapat mencegah hal tersebut terjadi dengan rajin minum susu kalsium untuk tulang.

Ingat, tulang keropos mampu menyerang tanpa adanya gender. Sesuai penelitian dari Departemen Kesehatan tahun 2015, International Osteoporosis Foundation atau IOF menyebutkan, 25% perempuan Indonesia mengalami masalah osteoporosis lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

Alasannya adalah karena perempuan punya tulang yang lebih tipis serta kecil dibandingkan laki-laki. Apalagi juga mengalami menopause sehingga tubuh menghasilkan estrogen lebih sedikit. Padahal, hormone tersebutlah yang berfungsi melindungi tubuh dari masalah penurunan massa tulang. Sekarang, anda sudah tahu pentingnya susu kalsium untuk tulang, dan memang manfaatnya bukan hanya untuk tulang. Waspada dengan kebutuhan kalsium bagi tulang, otot, dan juga sendi agar tetap sehat di hari tua nanti!