Susu Kalsium Untuk Remaja, Alasan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

susu yang mengandung kalsium tinggi

Susu kalsium untuk remaja sangat penting untuk membantu remaja yang ingin mengoptimalkan tinggi badan. Banyak orang tua yang mengeluh karena tinggi dan berat badan anak tidak sesuai. Agar anak tinggi seccara ideal, maka tentu semuanya tidak lepas dari kebutuhan kalsium.

Untuk anak dan remaja, kalsium dibutuhkan karena merupakan komponen penting untuk membantu mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Kalsium bekerja karena dapat mendukung fungsi pada otot dan saraf. Dengan kalsium yang cukup, maka kesehatan gigi dan tulang dapat terbantu.

susu yang banyak mengandung kalsium tinggi

Kalsium juga penting untuk pembekuan darah, mengaktifkan enzim dan merubah supaya zat gizi jadi energi.

Menurut AKG 2013, kebutuhan kalsium cukup tinggi untuk anak-anak dan remaja. Itulah mengapa sangat penting minum susu kalsium untuk remaja. Kebutuhan kalsium pada anak usia empat hingga Sembilan tahun mencapai 1000 mg rutin setiap hari. Sedangkan bagi anak usia 10 tahun hingga 18 tahun membutuhkan hingga 1200 mg kalsium setiap harinya.

Selain susu, sumber kalsium dapat diperoleh dari berbagai makanan. Jika meminum susu sebanyak 250 ml, maka tubuh akan memperoleh hingga 300 mg level kalsium. Artinya, kalau anak meminum susu hingga 3 gelas per hari, tentu kebutuhan kalsium sudah tercukupi.

Bagaimana jika anak atau remaja tidak suka minum susu? Ada beberapa sumber makanan yang menjadi pasokan kalsium. Contohnya, tiram, brokoli, salmon, keju, yogurt, dan juga susu kedelai.

Bagaimana jika memenuhi kebutuhan kalsium dengan suplemen? Suplemen kalsium sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, mengapa? Karena ada begitu banyak sumber makanan yang dapat anda jadikan sebagai sumber kalsium.

Dari 19 penelitian yang ada, telah ditemukan bahwa banyak anak yang tidak perlu minum suplemen kalsium karena memang tidak banyak manfaatnya.

Akan tetapi, jika orang tua merasa bahwa mereka memiliki anak-anak remaja di rumah dengan kebutuhan kalsium yang sangat kurang, tidak ada salahnya untuk memberikan suplemen kalsium dengan konsultasi dokter spesialis.

susu rendah kalori

Seberapa Pentingnya Minum Susu Kalsium Untuk Remaja?

Susu kalsium dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Itulah mengapa anda harus memperhatikan pola hidup anak remaja di rumah. Pastikan apakah anda sudah cukup memenuhi kebutuhan kalsium melalui menu makanan atau masih kurang.

Berikan suplemen kalsium jika asupan kalsium sangat sedikit. Kalau kurang sedikit, tambah lagi asupan kalsium tersebut melalui susu kalsium untuk remaja, yogurt, keju, susu kedelai, atau lainnya.

Tapi, kalau para orang tua masih tetap memberikan suplemen kalsium untuk pelengkap susu, justru hal ini dapat berdampak buruk. Sangat memungkinkan jika anak akan memperoleh kalsium terlalu banyak.

Apa yang terjadi jika tubuh menerima kalsium berlebihan? Tentu hal ini tidak akan baik. Kelebihan kalsium akan memperlambat penyerapan zat besi. Sehingga, dapat membuat anak mudah mengalami masalah sembelit.

Suplemen kalsium jika dikonsumsi secara berlebihan juga ternyata dapat menyebabkan masalah batu ginjal.

Bagi anak usia satu hingga delapan tahun, Institute of Medicine menyebutkan rekomendasi yaitu hanya 2500 mg total kalsium per hari. Itu artinya, tidak boleh minum susu lebih dari 8 gelas dengan jumlah 250 ml tiap harinya.

Artinya, kalau sudah minum susu masih ditambah dengan suplemen kalsium, maka akan membuat tingkat kalsium yang diterima oleh tubuh jadi berlebihan.

Sedangkan pada remaja, kebutuhan kalsium setiap hari adalah sekitar 1.300 miligram. Kalsium akan digunakan tubuh untuk membantu perkembangan  dan juga kepadatan tulang. Selain susu kalsium untuk remaja, pastikan juga agar para remaja di rumah menjaga pola makan dan aktif olahraga.