Susu Ibu Hamil Tinggi Kalsium Apakah Boleh Dikonsumsi Rutin?

Susu ibu hamil dengan tinggi kalsium memang sangat dibutuhkan. Sekarang ini sangat mudah sekali menemukan susu untuk ibu hamil dengan kandungan kalsium cukup tinggi. Namun tidak semua ibu hamil memahami pentingnya kandungan kalsium selama masa kehamilan. Sebenarnya tidak hanya kalsium, hampir semua kandungan nutrisi penting sangat dibutuhkan.

Masa kehamilan adalah bagian paling penting dalam hidup seorang wanita.  Di dalam tubuh wanita ada janin yang harus dijaga, termasuk untuk semua asupan makanan. Apa yang dimakan oleh ibu akan berdampak pada bayi. Maka dari itu, setiap ibu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Kandungan kalsium adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan.

susu ibu hamil

Bolehkah Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil Tinggi Kalsium?

Mungkin tidak banyak para ibu hamil yang memahami bahwa kandungan kalsium sangat penting ketika masa kehamilan. Kadar total kalsium entah itu yang terionisasi maupun non ionisasi akan menurun pada saat kehamilan. Kadar kalsium yang terus menurun tersebut mengikuti rendahnya kadar konsentrasi albumin plasma.

Penurunan kadar kalsium non ionisasi bisa berikatan dengan protein yang bersirkulasi, sedangkan kadar terionisasi tetap. Untuk bisa menunjang perkembangan janin ibu hamil membutuhkan kalsium. Misalnya saja untuk pembentukan tulang janin dan menguatkan tulang tersebut, 

Untuk membantu menguatkan tulang janin maka memerlukan peningkatan hingga 30 gram kalsium pada usia kehamilan trimester ke-3. Meningkatnya kebutuhan tersebut dicukupi oleh berlipatnya kemampuan khusus ibu untuk absorpsi kalsium. Jadi sangat diperlukan tambahan kalsium untuk bisa mencegah penurunan cadangan kadar kalsium pada masa kehamilan. 

Pada masa kehamilan sebagai salah satu anjuran WHO, kalsium yang dibutuhkan sebanyak 1,5 sampai 2 gram dalam satu hari. Susu ibu hamil tinggi kalsium adalah salah satu selingan untuk membantu mencukupi kebutuhan kalsium.

Menjaga asupan makanan ibu hamil juga sangat penting. Tidak hanya kalsium tinggi yang dibutuhkan oleh ibu-ibu hamil tetapi ada beberapa nutrisi lainnya. Misalnya saja seperti zat besi, asam folat, vitamin D, magnesium, dan masih banyak lagi lainnya.

susu kalsium untuk ibu hamil

Kegunaan Kalsium Bagi Ibu Hamil

Ada berbagai macam kegunaan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti berikut ini. 

Memaksimalkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi Janin

Manfaat pertama yang bisa diterima adalah memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi janin. Apabila asupan kalsium terpenuhi dengan baik maka bukan hanya tulang dan gigi ibu hamil saja yang semakin kuat, tetapi juga janin yang ada dalam kandungan. 

Sekalipun gigi pada anak baru muncul pada usia 5 bulan ke atas tetapi pembentukan gigi sudah dimulai dari janin bahkan ketika dalam kandungan. Jaringan di dalam kandungan anda akan secara otomatis menyerap kalsium yang ada di dalam tubuh ibu.

Perkembangan Saraf dan Otot Janin Lebih Optimal

Tidak hanya mendukung kekuatan tulang dan gigi tetapi kalsium juga bisa membantu pertumbuhan saraf dan otot janin. Bahkan kalsium juga Membantu perkembangan irama jantung pada janin. Kalsium memiliki peranan pada proses metabolisme tubuh janin.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ibu hamil ketika mengkonsumsi susu dengan asupan kalsium tinggi. Selain bisa membentuk tulang dan gigi janin maupun menguatkan otot ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Kalsium akan membantu mengurangi risiko hipertensi pada ibu hamil sehingga proses melahirkan bisa berjalan dengan lancar. Mengapa mengkonsumsi susu ibu hamil tinggi kalsium yang disarankan oleh dokter. 

Nutrisi yang diperlukan adalah :

Seiring pertambahan usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil akan meningkat, terutama setelah memasuki kehamilan trimester kedua.

  1. Karbohidrat dan Lemak sebagai sumber zat tenaga untuk menghasilkan kalori dapat diperoleh dari serealia, umbi – umbian.
  2. Protein sebagai sumber zat pembangun dapat diperoleh dari daging, ikan, telur dan kacang – kacangan.
  3. Mineral sebagai zat pengatur dapat diperoleh dari buah – buahan dan sayur – sayuran.
  4. Vitamin B kompleks berguna untuk menjaga system syaraf, otot dan jantung agar berfungsi secara normal. Didapati pada serealia, biji- bijian, kacang – kacangan, sayuran hijau, ragi, telur dan produk susu.
  5. Vitamin D berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang pada bayi. Sumbernya pada minyak hati ikan, kuning telur dan susu.
  6. Vitamin E berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat, terdapat pada kacang – kacangan, minyak sayur dan sayuran hijau.
  7. Asam folat berguna untuk perkembangan system syaraf dan sel darah, banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol dan brokoli. Pada buah – buahan, asam folat terdapat pada jeruk, pisang, wortel dan tomat. Kebutuhan asam folat selama hamil adalah 800 mcg per har, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapatmengganggu pembentukan otak, sampai cacat bawaan pada susunan syaraf pusat maupun otak janin.
  8. Zat besi yang dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari anemi, banyak terdapat pada sayuran hijau (seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya), daging dan hati. Jika kebutuhan zat besi tidak tercukupi, ibu hamil akan mudah lelah dan rentan infeksi. Risiko melahirkan bayi tidak cukup umur dan bayi dengan berat badan lahir rendah juga lebih tinggi.
  9. Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta melindungi ibu hamil dari osteoporosis. Jika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak tercukupi maka kekurangan kalsium akan diambil dari tulang ibu. Sumber kalsium yang lain adalah sayuran hijau dan kacang – kacangan. Lactona Ibu → pelengkap gizi untuk ibu hamil dan menyusui.
lactona ibu
Lactona Ibu


Lactona Ibu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral serta kandungan gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil dan menyusui, khususnya Asam folat (Penjelasan bisa dilihat pada penjelasan istilah). Sangat Penting untuk ibu hamil mengkonsumsi asam folat, karena Bermanfaat membantu menghambat kondisi cacat lahir seperti spina bifida dan anencephaly (jaringan otak tidak berkembang).

Lactona Ibu adalah salah satu produk unggulan dari PT Mirota KSM.

Kandungan utama dalam Lactona Ibu:

1. Protein

  • selama kehamilan protein diperlukan untuk pertumbuhan jaringan pada janin.
  • 75 gram protein setiap harinya, lebih banyak 25 gram dibandingkan yang lain.

2. Zat besi

Kebutuhan zat besi bagi ibu hamil yaitu sekitar 33 mg sehari. Ibu menyusui 32 mg

3. Kalsium

  • Janin mengambil kalsium dari ibunya sekitar 25 sampai 30 mg sehari. Terutama trimester ketiga kehamilan.

4. Vitamin C

  • Vitamin C pada tubuh digunakan untuk membantu proses penuerapan zat besi.
  • Wanita hamil setiap harinya disarankan mengkonsumsi 90 mg vitamin C per hari.
  • Ibu menyusui 100 mg vitamin C per hari.

5. FOS

  • Dilengkapi dengan FOS, membantu memelihara saluran cerna dan meningkatkan kekebalan tubuh.

6. DHA

  • Sebagai asupan nutrisi otak dan retina janin dan bayi.

Lactona Ibu dalam kemasan 200 gr, dengan varian rasa Coklat dan Stroberi