Selain Susu, Ini Asupan Gizi Ibu Hamil Wajib Dipenuhi

gizi untuk ibu hamil

Asupan gizi ibu hamil harus diperhatikan dengan baik. Selama ini masyarakat Indonesia masih saja termakan dengan berbagai macam mitos ketika mereka sedang hamil. Ada juga salah satu mitos yang mengatakan bahwa seorang ibu hamil harus memakan porsi dua kali lipat lebih banyak. Hal tersebut perlu dilakukan karena sedang berbadan dua.

Sebenarnya ada yang kurang tepat dari mitos tersebut, sebagai seorang ibu hamil sangat disarankan jika anda mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang daripada memperbanyak jumlah tanpa melihat pemilihan bahan. Jika asupan ibu hamil tidak dikontrol dengan baik ternyata bisa berisiko kegemukan dan mengalami beberapa kesulitan pada saat proses melahirkan.

Tidak hanya itu tetapi anda juga akan mengalami kesulitan ketika ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan. Maka dari itu ketahui apa saja asupan makanan yang sehat dan tepat bagi ibu hamil sehingga bisa memberikan nutrisi untuk perkembangan janin.

asipan gizi ibu hamil
Pregnant woman eating fruits at home. Pregnancy couple healthcare concept.

Jenis Asupan Gizi Pada Ibu Hamil

Sebagai seorang ibu hamil asupan makanan memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan janin dan juga Ibu. Anda harus memilih asupan makanan dan minuman yang memiliki kandungan gizi seimbang. Berikut ini beberapa asupan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Susu bantu lengkapi nutrisi ibu hamil

Susu adalah salah satu asupan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian ibu hamil. Dengan mengkonsumsi susu yang memiliki kandungan kalsium akan membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu tetapi susu juga memiliki kandungan karbohidrat untuk bisa menambah energi ibu hamil.

Kandungan asam folat pada susu dapat membantu perkembangan otak janin didalam kandungan.

Konsumsi Sayuran Hijau untuk atasi Kekurangan Zat Besi

Sayuran hijau mengandung banyak vitamin, termasuk sumber zat besi yang penting sebagai asupan ibu hamil. Sayuran hijau tua seperti bayam, kangkung, kacang panjang dan lain-lain. Konsumsi sayuran hijau oleh ibu hamil yang masih kurang perlu diperhatikan, karena dapat menyebabkan ibu hamil mengalami anemia yang dapat berdampak buruk bagi ibu dan janin yang dikandungnya.

Dengan mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam ternyata bisa membantu untuk mengatasi kekurangan zat besi yang biasanya sering dialami oleh ibu hamil. Tidak hanya itu tetapi mengkonsumsi beberapa makanan dengan kandungan serat tinggi juga akan mencegah sembelit. Sedangkan vitamin C akan membantu penyerapan zat besi untuk ibu hamil. Asam folat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi didalam rahim. 

asupan ibu hamil


Daging Merah Bisa Bantu Penuhi Asupan Protein

Selain susu dan sayuran hijau ternyata Anda juga perlu mengkonsumsi daging merah. Daging merah memiliki kandungan zat besi yang bisa mencegah mengatasi anemia. Pastikan daging yang Anda masak matang sempurna sebelum akhirnya dikonsumsi. 

Buah-Buahan juga Penting bagi Ibu Hamil

Buah-buahan juga penting untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam masa kehamilan masa kehamilan. Pisang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan Potasium dimana dapat mengatasi penahanan cairan yang bisa menyebabkan kaki bengkak.

Tidak hanya itu tetapi bisa juga memiliki kandungan serat yang dicerna secara perlahan sehingga membuat ibu hamil terus merasa kenyang.

Asupan gizi perlu diperhatikan untuk menunjang masa kehamilan dalam masa kehamilan. Pastikan untuk mengonsumsi dengan porsi yang sesuai dan semua bahan masih dalam keadaan segar sebelum diproses atau dimasak. Beberapa asupan gizi ibu hamil tersebut akan membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Kini telah hadir susu yang sangat direkomendasikan untuk memenuhi asupan gizi ibu hamil yaitu Lactona Ibu dari PT Mirota KSM.

Lactona Ibu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral serta kandungan gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil dan menyusui, khususnya Asam folat