Mengapa Harus Susu Grassfed?

mirota grassfed
mirota grassfed

Mungkin Anda merasa bingung dengan adanya susu sapi grassfed dan grain-fed. Apa yang membedakan kedua susu tersebut?

Walaupun keduanya adalah susu sapi, tentu sangat penting untuk menambah wawasan. Terutama, jika Anda sangat menggemari aneka olahan susu sapi.

Karena yang dibicarakan kali ini adalah tentang binatang ternak yaitu sapi, tentu Anda harus tahu bagaimana binatang ternak tersebut mendapatkan makanan.

Makanan yang dikonsumsi sapi pasti punya pengaruh besar. Terutama, untuk kesehatan dan komposisi gizi pada sapi.

Banyak studi juga menunjukkan jika makanan yang dikonsumsi sapi sangat mempengaruhi nutrisi susunya. Itulah mengapa, susu sapi yang Anda konsumsi tentu sangat baik. Namun, jika Anda bias memastikan kualitasnya, tentu akan menguntungkan.

Grass Fed Vs Grain Fed – Apa Perbedaannya?

Berikut adalah beberapa faktor yang membuat kedua susu tersebut berbeda:

Makanan

Seperti namanya, susu sapi grass-fed maksudnya adalah susu yang didapatkan dari sapi yang makan rumput-rumputan dan tanpa penambahan hormon pertumbuhan. Pemilik sapi akan memberikan rumput-rumputan dengan cara menggembala sapi di padangrumput.

Rumput merupakan sumber makanan alami bagi sapi, dan sapi ini mengkonsumsi rata-rata 96% dari makanan mereka sebagai rumput.

Tentu, hal tersebut sangat berbeda jauh dengan susu grain-fed. Artinya, susu sapi grain-fed ini dihasilkan dari sapi yang diberimakan biji-bijian. Misalnya, sapi diberi makan gabah, makanan berbahan dasar jagung, atau kedelai.

Sampai disini, sudah jelas seperti apa perbedaan grass-fed dan grain-fed.

Susu Grassfed atau Grain Fed- Mana Yang Lebih Sehat?

Untuk tahu mana yang lebih sehat, cek dulu perbedaan secara komposisi gizi.

Makanan yang dikonsumsi sapi akan mempengaruhi komposisi susu murni yang dihasilkannya.

Asam lemak dan Omega-3 susu sapi dari sapi yang mengonsumsi rumput-rumputan 5 kali lebih tinggi dibandingkan grain fed. CLA(conjugated linoleic acid) juga dua kali lebih banyak dibandingkan pada sapi grain-fed.

Selain itu, susu sapi murni dari sapi grassfed memiliki nutrisi sebagai berikut:

Vitamin A

Sapi yang diberi makan rumput memiliki precursor karatenoid dalam Vitamin A, termasuk beta karoten.

Vitamin E

Merupakan antioksidan, yaitu penting untuk membran sel. Sehingga, dapat melindungi dari masalah oksidasi.

Vitamin D

Sapi menghabiskan rata-rata 97% waktu mereka di luar di padang rumput – itu berarti dosis sinar matahari yang sehat untuk sapi. Artinya sapi berada dalam lingkungan yang ideal untuk menghasilkan susu yang biasanya mengandung tingkat vitamin D yang lebih tinggi.

Mikronutrien

Susu sapi grass-fed juga punya banyak nutrisi penting. Beberapa diantaranya adalah kalium, fosfor, seng/zinc, besi, dan sodium.

Pada akhirnya, apakah susu sapi yang mengonsumsi biji-bijian tidak sehat? Tidak! Grain-fed masih memiliki banyak komposisi gizi yang baik. Hanya saja, grass-fed punya beberapa nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan grain-fed. Sehingga, lebih menguntungkan tentunya.

Nah, sekarang Anda sudah tahu seperti apa perbedaan antara kedua jenis susu tersebut. Dengan lebih tahu tentang kualitas dan jenis susu yang Anda beli, tentu jadi lebih sehat.

Bagaimana jika saya ingin membeli susu (dengan bahan dasar) susu sapi grass-fed?

Mudah sekali. Kini telah hadir Mirota Grassfed.

PT Mirota KSM dengan inovasi terbarunya telah menghadirkan Mirota Grass-fed. Susu formula yang menggunakan susu sapi grassfed sebagai bahan utamanya. Ada 2 brand andalan PT Mirota KSM untuk Mirota Grass-fed nya yaitu Lactona Grassfed dan Prosteo Grassfed.

Produk-produk Mirota Grassfed ini mudah diperoleh di toko-toko atau supermarket terdekat Anda.

Perlu diperhatikan juga bahwa Produk Mirota ini ada 2 macam yaitu Produk dengan Logo Grassfed dan Produk tanpa Logo Grassfed. Jadi pastikan Anda memilih Produk dengan logo Grassfed untuk nutrisi terbaik Anda.