Manfaat Susu Rendah Kalori untuk Kesehatan Tubuh & Tips Memilihnya

susu rendah kalori

Bagi beberapa orang yang sedang menjalankan diet sehat susu rendah kalori akan sangat membantu. Sebenarnya mengkonsumsi susu berkalori sedikit tidak hanya disarankan untuk orang yang menjalankan diet sehat. Tetapi jika anda ingin hidup dengan pola sehat juga bisa mengkonsumsinya.

Pasalnya, mengkonsumsi susu berkalori rendah benar-benar memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya membantu proses diet berjalan dengan lancar tetapi beberapa manfaat juga membuat anda terhindar dari beberapa penyakit kronis yang mengancam. Perbanyak wawasan seputar susu yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Nah, tapi bagi beberapa orang yang belum terbiasa mengkonsumsi susu berkalori sedikit juga merasa bingung untuk memilihnya. Terkadang banyak yang tidak bisa membedakan susu biasa dengan susu berkalori rendah. Berikut ini kan kami berikan cara untuk memilih susu berkalori sedikit.

Cara Memilih Susu Berkalori Rendah

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika akan memilih susu yang berkalori rendah seperti berikut ini.

  • Pastikan produk sudah dipasteurisasi

Hal pertama harus anda perhatikan adalah produk sudah dipasteurisasi. Mungkin anda sudah tidak asing dengan susu pasteurisasi dimana memiliki tujuan untuk menghancurkan mikroorganisme yang menyebabkan penyakit. Cara tersebut dilakukan dengan memanaskan susu di temperatur yang tinggi.

  • Pastikan susu organik

Selanjutnya anda juga harus memastikan bahwa susu yang dipilih organik. Susu organik dihasilkan dari sapi yang diberi pakan organik seperti rumput tanpa pestisida atau bahan makanan tanpa bahan kimia.

  • Pilih susu kalori rendah dengan melihat daftar gizi

Selanjutnya anda bisa melihat daftar gizi dalam kemasan susu tersebut. Pastikan bahwa kalori yang dimiliki benar-benar sedikit. Selain kalori anda juga harus melihat lemak rendah. Dengan begitu akan semakin mudah bagi anda untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi susu tepat.

susu rendah kalori

Manfaat Susu Berkalori Rendah

Ada banyak manfaat yang mungkin bisa anda rasakan jika mengkonsumsi susu rendah kalori. Jika merasa penasaran apa saja manfaatnya, simka informasi berikut.

  • Mengontrol tekanan darah di tubuh

Manfaat pertama bisa dirasakan oleh para konsumen susu kalori sedikit adalah mengontrol tekanan darah pada tubuh. Jadi kalori yang sedikit akan membantu menurunkan tekanan darah. Sangat cocok untuk anda yang memiliki riwayat darah tinggi. Tentu saja harus dikonsumsi setiap hari secara rutin. Dengan begitu kesehatan jantung juga terjaga.

  • Membantu menambah kepadatan tulang

Selanjutnya, bisa membantu anda untuk menambah kepadatan tulang. Sebenarnya manfaat susu pasti bisa menambah kepadatan tulang, mengingat jumlah kalsium dalam susu cukup tinggi. Tetapi susu dengan kalori yang sedikit biasanya jumlah kalsiumnya jauh lebih tinggi. Bahkan bisa memenuhi 30% kebutuhan kalsium untuk tubuh, 

  • Menyehatkan pencernaan

Manfaat lain bisa dirasakan oleh pengguna susu kalori rendah adalah pencernaan lebih sehat. Dengan kalori yang rendah maka usus bisa bekerja dengan optimal. Apabila usus sudah bekerja dengan baik tanpa adanya gangguan maka bisa mencegah seseorang mengalami masalah kesehatan terutama sembelit dan diare. 

susu rendah kalori

Mengkonsumsi susu kalori yang sedikit memang bisa membantu anda menjaga kesehatan. Bahkan bagi anda sedang menjalankan berdiet juga bisa memperlancar diet sehat tanpa harus menghalangi tubuh untuk mendapatkan asupan gizi lainnya.

Pastikan anda menggunakan susu dengan kalori sedikit benar-benar berkualitas. Sekarang ini semakin mudah untuk menemukan susu berkalori rendah. Bagi penderita kolesterol juga sangat disarankan mengkonsumsi susu yang kalorinya sedikit. Cobalah konsumsi susu rendah kalori secara rutin agar manfaatnya juga bisa dirasakan.