Manfaat Protein untuk Ibu Hamil Dengan Rajin Minum Susu

susu ibu hamil

Seberapa penting protein untuk ibu hamil? Protein adalah salah satu nutrisi penting yang wajib dipenuhi pada masa kehamilan. Bagi ibu hamil, Anda memang diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan gizi seimbang setiap hari. Hal tersebut bertujuan agar kebutuhan gizi Anda dan juga janin sudah terpenuhi dengan baik sehingga kesehatan akan terjaga.

Protein adalah salah satu gizi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil memiliki manfaat yang cukup tinggi. Mungkin anda merasa penasaran, apa saja manfaat yang bisa dirasakan ibu hamil dari mengkonsumsi protein sesuai kebutuhan setiap hari?

memilih Protein untuk ibu hamil

Manfaat Protein untuk Ibu Hamil

Sebagai seorang ibu hamil ternyata ada anjuran untuk mengkonsumsi protein secara harian yaitu sekitar 76 gram (sumber BPOM 9 tahun 2016 tentang ALG). Hal ini akan terus meningkat pada masa kehamilan. Protein pada tiap trimester yaitu 1 gram, 10 gram dan 30 gram. Akan ada manfaat yang dirasakan ketika konsumsi protein, seperti berikut.

• Protein akan membantu proses perkembangan jaringan tubuh janin termasuk juga pada bagian otak. Apalagi pada trimester kedua dan ketiga dimana proses pertumbuhan janin semakin lebih cepat.
• Protein yang cukup dapat menurunkan resiko anemia pada ibu hamil sehingga dapat membantu mempertahankan sistem kekebalan ibu.

Apa dampak jika seorang ibu hamil tidak memenuhi asupan protein sesuai dengan kebutuhan? Hal tersebut akan meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Tidak hanya itu tetapi tumbuh kembang janin juga bisa terhambat, jaringan otot tidak maksimal pada janin, dan pembentukan antibodi juga tidak berjalan secara optimal.

Hal ini juga akan berdampak pada ibu, sebab masa otot akan berkurang dan kekuatan juga menurun. Maka dari itu, penuhi asupan protein untuk ibu hamil sesuai dengan kebutuhan.

Protein untuk ibu hamil

Tips Dapatkan Protein yang Tepat bagi Ibu Hamil

Untuk bisa memenuhi kebutuhan protein pada ibu hamil ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda bisa memilih asupan yang tepat untuk mendapatkan sumber protein tinggi. Misalnya saja mengkonsumsi daging sapi, keju, susu, daging ayam, yoghurt, maupun ikan.

Jika ingin mendapatkan asupan protein dari sumber nabati maka bisa mengkonsumsi tempe, tahu, dan berbagai macam jenis makanan kacang.

Jika anda seorang ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol cukup tinggi sebaiknya mengkonsumsi sumber protein nabati atau bisa memilih sumber protein dari hewani yang rendah lemak.

Selain memperhatikan sumber bahan makanan untuk mendapatkan protein ternyata proses memasak juga perlu diperhatikan. Agar mendapatkan protein yang optimal Ternyata anda bisa mengolah berbagai macam bahan makanan yang memiliki kandungan protein tersebut dengan cara dikukus, rebus, atau bahkan ditumis.

Sangat disarankan untuk menghindari mengolah sumber protein tersebut dengan menggunakan banyak minyak. Sebab hal tersebut bisa menambah kadar LDL (lemak jahat) di dalam tubuh ibu hamil.

Ibu hamil juga wajib memperhatikan porsi tepat. Jangan sampai kurang maupun berlebihan. Jika terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein Karena hal yang berlebih dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan.

Jika anda ingin mendapatkan konsumsi protein dengan tepat tanpa melebihi batas yang ditentukan maka bisa berkonsultasi dengan dokter, bidan maupun ahli gizi. Biasanya semakin bertambah usia kehamilan tentu saja kebutuhan protein menjadi lebih banyak. Namun hal ini lebih baik sesuai dengan saran dokter yang mengerti keadaan ibu hamil dan janin melalui pemeriksaan.

Memenuhi asupan protein dengan tepat akan memberikan dampak baik bagi kesehatan ibu dan janin. Konsumsi dari sumber terbaik dan olah bahan makanan dengan baik. Protein untuk ibu hamil bisa anda dapatkan dengan mudah sebab banyak makanan tinggi protein dan bisa bantu tambahkan susu untuk membantu memenuhi kebutuhan protein harian dan zat gizi lainnya.

Kabar baiknya, kini telah hadir Lactona Ibu yang akan membantu para ibu hamil dalam memenuhi nutrisinya. Lactona Ibu merupakan salah satu produk terbaik dari PT Mirota KSM.

Lactona Ibu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral serta kandungan gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil dan menyusui, khususnya Asam folat.