Kebutuhan Gizi Ibu Hamil dari Susu Sesuai Trimester

kebutuhan ibu hamil


Kebutuhan gizi ibu hamil adalah hal penting untuk dipenuhi setiap harinya. Gizi pada ibu hamil yang sudah sesuai dengan kebutuhan gizi tiap trimester kehamilan akan membantu untuk menunjang pertumbuhan bayi.

Jika anda menerapkan pola hidup sehat mulai dari sebelum masa kehamilan pasti semua kebutuhan gizi yang dikonsumsi setiap hari tidak jauh berbeda. Ibu hamil juga tetap membutuhkan kandungan karbohidrat, lemak, protein, dan beberapa nutrisi lainnya.

Agar masa kehamilan berjalan dengan lancar dan sehat ternyata kandungan gizi yang dibutuhkan harus sesuai dengan usia kandungan. Trimester pertama yang berjalan pada minggu pertama sampai minggu ke-13. Lanjut pada trimester kedua, dimana minggu ke-14 sampai minggu ke-27. Dan terakhir ada trimester ketiga yang jatuh pada minggu ke-28 sampai minggu ke-41.

Masing-masing memiliki kebutuhan yang berbeda sebab perkembangan janin juga semakin meningkat. Ketahui kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil sesuai trimesternya.

Kebutuhan gizi ibu hamil

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Trimester Pertama

Trimester pertama masa kehamilan merupakan periode masa konsepsi ketika sel pertama janin sudah terbentuk sampai masa pembentukan semua organ janin. Pada masa trimester pertama anda akan membutuhkan beberapa gizi yang diutamakan.

Asam folat atau vitamin B9 adalah bagian paling penting. Jadi asam folat sangat dibutuhkan pada trimester kehamilan pertama sebab berfungsi untuk mendukung perkembangan otak dan juga sumsum tulang belakang bayi. Jika anda kekurangan asam folat ketika masa kehamilan trimester pertama maka bisa saja mengakibatkan bayi lahir dalam keadaan cacat.

Asam folat tersebut bisa anda dapatkan melalui makanan kacang, asparagus, bayam, kuning telur, alpukat, jagung, hati ayam, dan juga brokoli.

Tidak hanya asam folat tetapi anda juga membutuhkan vitamin B6 yang berfungsi untuk mengatasi mual. Biasanya pada trimester pertama beberapa ibu hamil sering mengalami mual dan bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B6. Bahan makanan dengan kandungan vitamin B6 ada di salmon, roti, dan gandum.

Pada trimester pertama kandungan lain adalah zat besi. Jadi zat besi tersebut akan berfungsi untuk mengatasi dan mencegah terjadinya anemia selama masa kehamilan. Tidak hanya itu tetapi juga bisa mengatasi resiko terjadinya kelahiran prematur dan berat bayi rendah.

memilih Protein untuk ibu hamil

Trimester Kedua untuk Proses Pertumbuhan Janin

Selanjutnya pada trimester kedua kebutuhan gizi ibu hamil bertambah. Anda harus menambahkan konsumsi kalsium dan vitamin D. Jadi kalsium dan vitamin D ini akan menunjang proses pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Vitamin D sangat dibutuhkan untuk penyerapan kalsium pada tubuh.

Tidak hanya itu Tetapi ada juga membutuhkan asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk mengatur perkembangan otak, penglihatan janin, dan sistem saraf. Dapatkan asam lemak dari minyak canola, minyak walnut, minyak kedelai, kepiting, telur,dan masih banyak bahan makanan lain.

Trimester Ketiga Penuhi Asupan untuk Proses Persalinan

Terakhir pada trimester ketiga anda akan membutuhkan energi yang cukup untuk proses persalinan. Karbohidrat bisa didapatkan dengan mudah melalui nasi, gandum, oatmeal, maupun kentang.

Selain karbohidrat, protein juga sangat penting untuk menambah sumber energi. Protein juga akan membantu pembentukan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan perkembangan janin. Dapatkan melalui susu, tahu, tempat, ayam, dan telur.

Terakhir, pastikan vitamin K juga terpenuhi dengan baik. Hal ini akan mempercepat proses pembekuan darah setelah anda melahirkan. Makanan dengan kandungan vitamin K ada di roti gandum, melon, kacang hijau, dan masih banyak lainnya.

Selain memperhatikan kebutuhan gizi ibu hamil ternyata Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat. Pastikan untuk melakukan olahraga sesuai dengan kondisi kehamilan yang rutin dan teratur dan hindari beberapa makanan atau minuman yang dapat memberikan efek buruk pada janin.

Kini telah hadir salah satu produk terbaik PT Mirota KSM untuk ibu hamil yaitu Lactona Ibu Hamil.

Lactona ibu hamil dan menyusui digabung dalam satu kemasan KKL dengan ING yang telah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil maupun ibu menyusui. Lactona ibu dengan kandungan nutrisi yang dikemas dalam “LACTOMAMA” membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama masa hamil dan menyusui.

lactomama

LACTOMAMA terdiri atas nutrisi-nutrisi penting seperti ZAT BESI, ASAM FOLAT, VITAMIN B6 & IODIUM, SERAT PANGAN, PROTEIN, dan KALSIUM.