Kapan dan Mengapa Susu High Calcium Harus Dikonsumsi Secara Rutin

susu yang bagus untuk tulang

Susu High Calcium banyak diproduksi dengan pilihan berbagai merk. Susu dengan kandungan kalsium tinggi hadir di pasaran untuk membantu mengatasi masalah tulang. Namun, pertanyaan besar yang sering muncul adalah kapan harus mengonsumsi susu kalsium tinggi?

Menurut Dr. Fiastuti Witjaksono, Ms, SpGK, asupan makanan punya pengaruh besar untuk menjawab kapan kalsium tinggi dibutuhkan tubuh.

Dr. Fiastuti juga menambahkan bahwa seseorang yang suka tempe, tahu, atau ikan, maka tidak perlu tambahan kalsium tinggi. Namun, masih dianjurkan untuk minum susu biasa.

Itulah mengapa, anda harus tahu asupan makanan serta kebutuhan kalsium. Apalagi masing-masing orang tentu punya kebutuhan kalsium berbeda.

Walaupun susu berkalsium tinggi adalah minuman yang dengan tinggi kalsium yang dapat membantu kepadatan tulang dan gigi, namun jika tubuh sudah kelebihan kalsium, maka jadinya tetap tidak baik. Kelebihan kalsium justru dapat menghambat proses metabolisme tubuh. Sedangkan pada orang tua, kelebihan kalsium akan menghambat peredaran darah.

Beberapa makanan mengandung kalsium tinggi, dan sangat bermanfaat bagi kepadatan tulang dan gigi. Seperti ceker ayam dan ikan teri. Kalsium paling banyak ditemui dalam tulang. Sehingga, ikan yang dimakan dengan tulang-tulangnya justru memberikan kalsium tinggi untuk tubuh.

Susu bermanfaat karena kandungan protein didalamnya. Dalam susu, kandungan proteinnya adalah nomor dua yang paling berkualitas setelah telur. Hal ini juga diungkapkan oleh Dr. Fiastuti.

susu yang berkalsium tinggi

Manfaat Susu High Calcium

Susu merupakan minuman yang mengandung banyak kandungan gizi yang diperlukan untuk tubuh sebagai contoh tinggi kalsium yang dapat membantu kepadatan tulang dan gigi.

Bagi orang dewasa, permasalahan sendi, termasuk tulang keropos merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi. Penyebabnya adalah karena tubuh kekurangan kalsium. Sehingga, salah satu solusi adalah dengan membiasakan diri rajin minum susu high calcium.

Kalau anda tidak membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan dan minuman tinggi kalsium seperti susu dapat meningkatkan resiko, resiko masalah kesehatan pada tulang dan gigi dapat terjadi lebih besar. Apalagi kalau anda juga sering menggunakan banyak tenaga pada punggung, kaki, dan tangan ketika bekerja.

Dalam kondisi ini, tentu sangat penting memberikan asupan pelengkap seperti susu tinggi kalsium. Selain itu, ada banyak sekali manfaat susu, terutama susu high calcium seperti berikut:

  • Kandungan kalsium akan membantu menjaga gigi tetap kuat, serta mencegah tulang mudah mengalami pengapuran atau kerapuhan karena adanya faktor usia.
  • Susu tinggi kalsium membantu memenuhi kebutuhan nutrisi terutama pada membran sel tulang serta gigi. Sehingga, dapat mencegah sakit punggung, sakit pada lutut, dan lainnya yang dapat menyebabkan osteoporosis akibat kekurangan kalsium.
  • Untuk siapapun yang pernah memiliki riwayat anemia atau darah tinggi, harus membiasakan rajin konsumsi susu tinggi kalsium. Sehingga, akan membantu tekanan darah menjadi seimbang dan lebih normal. Susu juga memiliki kalsium yang dapat membantu kontraksi otot lebih normal, sehingga baik untuk mengatur kerja syaraf jantung. Jantung dan pembuluh darah pun dapat bekerja dengan lebih baik.
  • Kalsium sangat baik karena merupakan sumber vitamin untuk produksi enzim. Sehingga, proses mengubah makanan agar dapat menjadi energi akan lebih optimal. Kandungan kalsium tinggi dalam susu juga dapat mencegah masalah seperti pembekuan darah. Sehingga, sangat baik untuk kesehatan jantung.

Sekarang, anda sudah tahu banyak hal tentang pentingnya minum susu high calcium, termasuk kapan anda harus rajin minum susu tersebut sesuai kebutuhan dan pola makan.