Kandungan dan Tips Mudah Cari Susu yang Bagus untuk Tulang

susu yang bagus untuk tulang
susu yang bagus untuk tulang

Susu yang bagus untuk tulang belakangan ini sering dicari. Tidak hanya bagus untuk pertumbuhan anak yang sedang dalam masa perkembangan tetapi juga untuk orang dewasa dan lanjut usia. Adanya kandungan kalsium cukup tinggi di dalam susu seringkali membantu menjaga kesehatan tulang.

Setiap kali mengkonsumsi susu, kebanyakan orang hanya memahami bahwa manfaatnya untuk menjaga kesehatan tulang saja. Padahal mengkonsumsi susu bisa membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Menjaga kepadatan tulang hanya bonus ketika anda mengkonsumsi susu secara rutin. Tapi apakah setiap susu mampu menjaga kesehatan tulang?

susu yang bagus untuk tulang kamu

Apa Kandungan dan Manfaat Susu untuk Tulang?

Sebelum mengetahui apa saja kelebihan susu untuk tulang pastikan anda sudah sering mengkonsumsinya. Jadi, susu memiliki kandungan kalsium dimana akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang. Sangat cocok untuk anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Tidak hanya itu, jadi kalsium juga akan menjaga kesehatan tulang. Sehingga ketika beranjak di usia tua maka kepadatan tulang tetap terjaga dan terhindar dari segala macam penyakit tulang, salah satunya adalah osteoporosis. Gigi juga bisa terlindungi dengan baik ketika mengkonsumsi susu secara rutin.

Selain memiliki kandungan kalsium, ternyata di dalam susu juga ada kandungan lain seperti protein. Nantinya protein ini juga berperan menjaga kesehatan tulang. Mendukung pertumbuhan dan kesehatan otot. Jadi akan terhindar dari segala macam sakit sendi yang membuat aktivitas kurang nyaman.

Ada kandungan lain seperti zat besi yang juga memberikan pengaruh untuk kesehatan tubuh. Jadi zat besi ini bisa membantu pembentukan hemoglobin yang fungsinya untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Fungsi lainnya juga jaga kognitif otak anak. 

Susu yang bagus untuk tulang juga memiliki kandungan vitamin B1 dan C. Sebenarnya tidak hanya itu, ada juga vitamin D, B12, B6, B5, B3, dan B2. semuanya akan memiliki perannya masing-masing untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Lantas bagaimana cara memilih susu yang bagus?

susu kalsium tinggi

Tips Pilih Susu yang Bagus untuk Tulang

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memeriksa apakah susu tersebut sudah tepat untuk kesehatan tulang anda. Berikut ini cara yang bisa dicoba.

  • Periksa kandungan kalsium

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah memeriksa kandungan kalsium jika ingin menemukan susu untuk tulang. Umumnya orang dewasa akan membutuhkan 1.200 mg kalsium untuk satu hari. Jadi anda harus mengkonsumsi susu dengan melihat kandungan kalsium. 

Biasanya di kemasan susu akan terlihat jumlah kandungan kalsiumnya dengan satuan “mg”. Namun ada juga yang mencantumkan kalsium %AKG atau angka kecukupan gizi. Jadi anda bisa memperkirakan konsumsi kalsium harian dengan melihat label kandungannya. 

  • Pilih susu sesuai dengan kebutuhan

Selanjutnya, anda juga disarankan untuk memilih bentuk susu yang sesuai dengan kebutuhan. Susu yang memiliki kalsium tinggi biasanya bentuknya cair atau bubuk. Jadi anda bisa mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan agar lebih aman dan tahan lama untuk digunakan selama beberapa hari. 

  • Gunakan yang rendah lemak

Selanjutnya, disarankan untuk menggunakan yang rendah lemak. Susu rendah lemak memang jauh lebih baik karena bisa membantu kesehatan tubuh dari beberapa penyakit seperti obesitas.

Ada banyak sekali manfaat susu yang bisa dirasakan untuk menjaga kesehatan tulang. Sangat disarankan jika anda mengkonsumsi susu yang bagus untuk tulang maka pilih sesuai kebutuhan seperti tips di atas. Tidak hanya tulang, tetapi kesehatan tubuh akan terjaga dengan baik.

Salah satu susu rendah lemak yang bagus adalah Prosteo Plain dari PT Mirota KSM. Kandungannya yang lengkap cocok untuk bantu memenuhi kebutuhan harianmu.