Benarkah Anak Perlu Minum Susu Pertumbuhan?

susu pertumbuhan
susu pertumbuhan

Minum susu memang dipandang sehatkan badan, khususnya buat anak yang sedang ada di tahap perkembangan. Tetapi, apa sebetulnya fakta kenapa anak Anda perlu minum susu pertumbuhan?

Susu adalah salah satunya bahan yang sering dibeli untuk menjadi minuman atau bahan untuk membuat makanan tertentu. Ditambah lagi buat Anda yang telah mempunyai anak, berbelanja susu dapat jadi salah satunya alasan ke supermarket.

Tentang budaya mengonsumsi susu, dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons., memiliki pendapat:

“Rutinitas minum susu sangat baik buat kesehatan sebab susu kaya nutrisi. Minuman ini dapat jaga keperluan cairan badan, sebab 87% kandungannya ialah air,” tuturnya.

Kecuali yang sudah disebut oleh dr. Jesslyn itu, apa kegunaan yang dapat didapat Sang Buah Hati jika rajin minum susu?

Segudang Kegunaan Dalam Satu Gelas Susu

Walau di Indonesia budaya minum susu cukup seringkali digalakkan, tetapi sampai sekarang masih ada beberapa anak yang tidak menyenangi susu. Walau sebenarnya, susu mempunyai bermacam kegunaan baik buat perkembangan anak, sebab memiliki kandungan:

  • Vitamin D
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Protein
  • Vitamin B12
  • Kalium

dr. Jesslyn menjelaskan jika nutrisi dalam susu berperanan penting dalam metabolisme badan.

“Vitamin A bagus untuk mata serta vitamin C adalah anti-oksidan buat badan. Sedang vitamin B berguna buat metabolisme karbohidrat, protein serta lemak, serta vitamin B12 punya pengaruh pada peranan darah. Paling akhir, vitamin D serta K benar-benar bagus untuk mempertahankan kesehatan tulang,” tuturnya.

Berapakah Jumlah Susu Yang Diperlukan Anak?

susu pertumbuhan

Penting dipahami jika anak yang minum susu condong tidak konsumsi minuman kurang bergizi yang lain, contohnya seperti soda. Itu penyebabnya, balita di atas umur satu tahun harus minum susu sapi fresh bila bebas dari alergi susu.

Beberapa anak yang berat badan yang berlebih juga bisa berubah ke susu rendah lemak agar sesuaikan dengan konsistensi berat badannya. Harus diingat jika balita yang menyusu dua sampai 3x satu hari belum perlu konsumsi susu penambahan.

Tetapi ingat, bila akan memberi susu pertumbuhan, tekankan ada semua muatan mineral dan vitamin di atas.

Lantas, seberapa banyak susu yang diperlukan beberapa anak Anda? Hal tersebut bergantung pada berapakah umur mereka, tapi referensi ukuran minum susu yang umumnya diberi pada anak ialah:

  • 2-8 tahun: 2 cangkir susu tiap hari
  • 9-18 tahun: tiga gelas susu tiap hari

Bila beberapa anak Anda tidak minum susu, Anda bisa mengubahnya dengan beberapa makanan olahan susu, seperti keju serta yoghurt atau makanan yang lain kaya kalsium serta vitamin D.

Serta, bila beberapa anak Anda minum susu, mereka mungkin saja perlu konsumsi beberapa makanan yang lain kaya kalsium serta vitamin D untuk capai keperluan vitamin D harian anak yang disarankan sebesar 600 IU /hari.

Menangani Situasi Khusus Waktu Minum Susu

Perlu Anda ingat jika memberi kebanyakan susu pertumbuhan ke anak bukan saran yang baik. Adanya kalori tambahan bisa membuat berat tubuh naik, kebanyakan minum susu tingkatkan efek anemia alias kekurangan darah karena defisiensi zat besi.

Disamping itu, bila anak Anda mempunyai alergi susu, karena itu ia jangan minum susu pertumbuhan atau konsumsi beberapa produk berkaitan. Untuk mengubahnya, beralihlah ke sumber makanan yang tidak memiliki kandungan susu untuk memperoleh cukup kalsium serta vitamin D pada makanan mereka.

Situasi yang makin umum menerpa dibanding alergi susu ialah intoleransi laktosa pada muatan susu yang mengakibatkan situasi seperti buang gas berlebihan, diare, sakit di perut, mual, serta kembung. Ini berlangsung saat sang Kecil minum kebanyakan produk susu.

Jadi, jika anak Anda mempunyai permasalahan alergi susu atau intoleransi laktosa, kerjakan diskusi sama dokter untuk mengenali situasi anak yang sebetulnya. Dengan begitu, Anda juga bisa bertambah mengenali langkah untuk penuhi keperluan kalsium serta vitamin D sehari-hari.

Kenyataannya, minum susu pertumbuhan memang sehatkan badan sekaligus juga bermanfaat untuk memberikan dukungan perkembangan anak bertambah lebih maksimal. Jadi, jika Sang Buah Hati tidak mempunyai permasalahan pada produk susu, ajak anak minum susu tiap hari buat penuhi keperluan nutrisinya.

ProateoKidz Membantu Memenuhi Kebutuhan Kalsium Untuk Anak

susu pertumbuhan

Memastikan kebutuhan kalsium anak tercukupi dengan baik merupakan hal yang penting. Sebab, kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang pertumbuhan anak.

Dampak kekurangan kalsium sangat beragam, mulai dari gangguan pertumbuhan hingga peningkatan risiko terjadinya penyakit pada anak. Karena itu, penting bagi orangtua memerhatikan asupan kalsium anak sejak dini.

Produk terbaru dari PT Mirota ini khusus ditujukan untuk anak-anak. ProsteoKidz memiliki 2 varian yaitu susu bubuk dan biskuit dengan nutrisi lengkap dan tinggi kalsium memudahkan orang tua untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi anak-anak.

ProsteoKidz ini menggunakan susu grassfed yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya nutrisi yang lebih tinggi dibanding susu sapi biasa. Susu grassfed diperoleh dari sapi-sapi yang dipelihara secara alami di New Zealand. Tidak menggunakan hormon pertumbuhan merupakan salah satu treatment nya.