7 Manfaat Susu Rendah Lemak Yang Tak Banyak Orang Tahu

Susu rendah lemak tersedia dalam berbagai jenis. Anda bisa memilih susu dengan kadar lemak 1%, 2% atau bahkan bebas lemak, yang juga populer dengan sebutan susu skim. Susu dengan lemak 2% memiliki 120 kalori serta 4,5 gram lemak.

Untuk Anda yang mengonsumsi susu dengan lemak 1% berarti akan mengonsumsi 100 kalori serta 2,5 gram lemak. Bagi orang yang sedang diet dan ingin berat badan turun, susu ini sering jadi pilihan. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk menurunkan berbagai penyakit.

susu rendah lemak

Mengapa Harus Minum Susu Rendah Lemak

Berikut adalah berbagai manfaat susu yang satu ini untuk kesehatan Anda:

Menurunkan Berat Badan

Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, susu ini bisa jadi teman terbaik. Susu ini dapat Anda jadikan pilihan untuk menurunkan berat badan sebab level kalorinya yang sedikit.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Untuk mencegah hipertensi bagi para penderita tekanan darah tinggi, maka susu ini dapat menjadi pilihan terbaik selain susu skim.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan jika mengonsumsi sayuran serta buah-buahan dengan kombinasi susu tersebut, tentu dapat mencegah tekanan darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan susu ini memiliki kalsium tinggi.

Mencegah Stroke

Stroke adalah salah satu penyakit yang tak pandang bulu, dapat menyerang dewasa dan orang tua. Susu ini dapat digunakan untuk mencegah resiko stroke. Jika tekanan darah tinggi menyerang, maka dapat berujung pada hipertensi dan juga stroke.

Mencegah Diabetes

Yoghurt adalah produk turunan dari susu rendah lemak yang bahkan baik sekali untuk mencegah adanya diabetes tipe 2. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang rajin mengonsumsi jenis susu ini pasti dapat mengurangi resiko diabetes hingga 32%.

Dari hasil penelitian tersebut, susu jenis ini dapat mencegah naiknya kadar gula darah, pemicu diabetes.

susu rendah lemak

Menjaga Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Dengan rajin minum susu jenis ini setelah olahraga, maka Anda bisa membantu kebutuhan cairan tubuh. Olahraga membuat tubuh berkeringat dan mengeluarkan banyak cairan tubuh. Sehingga, Anda harus mengganti cairan tubuh yang hilang.

Dengan minum susu low-fat, maka dapat menjamin kebutuhan nutrisi, terutama setelah tubuh mengeluarkan banyak energi. Susu ini juga baik untuk meningkatkan masa otot. Bahkan, dapat juga Anda gunakan untuk membuang lemak yang tidak Anda inginkan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Dengan susu low-fat, maka Anda akan memenuhi kebutuhan kalsium. Dalam satu gelas susu rendah lemak, terdapat hingga 299 miligram, yaitu setara dengan 30% kebutuhan kalsium tubuh. Jika kalsum dapat Anda penuhi, maka tulang menjadi lebih padat dan sehat.

Kandungan ini sedikit lebih rendah bila dibandingkan susu kalsium.

Kandungan lemak yang rendah pada susu jenis ini dapat membantu supaya tubuh dapat menyerap kalsium dengan baik.

susu rendah lemak

Membantu Kesehatan Usus

Dengan rajin meminum satu gelas susu low-fat, rutin setiap hari dapat membuat usus bekerja secara optimal. Sehingga, Anda juga akan merasakan manfaatnya seperti merasa berenergi dan segar sepanjang hari.

Usus yang bekerja baik tentu dapat mencegah berbagai masalah pencernaan. Misalnya untuk sembelit dan diare.

Sekarang, Anda sudah tahu apa saja manfaat yang dapat kamu temukan dari minum susu rendah lemak secara rutin setiap hari. Perlu diingat, susu low-fat bukan pilihan tepat bagi anak-anak atau orangtua yang masih membutuhkan kadar lemak lebih.

Jadi, bukan berarti susu low-fat adalah pilihan terbaik ketimbang susu full cream. Pasalnya, beberapa orang punya kebutuhan berbeda. Untuk pasien obesitas, susu full cream masih dapat menurunkan berat badan jika juga melakukan diet rendah kalori untuk menyeimbangkan kalori harian yang masuk dalam tubuh.

Tips Memilih Susu Rendah Lemak

Dengan berbagai manfaat yang Anda dapatkan dari susu low-fat ini, maka sangat penting untuk mencari produk tepat. Ada banyak pilihan dan berbagai merk ketika Anda sedang berbelanja. Dengan tips berikut, maka kebutuhan susu jenis ini pun dapat Anda penuhi.

susu rendah lemak

Susu Pasteurisasi

Produk susu tersebut sudah sangat populer. Ada berbagai tempat yang menjual produk susu seperti ini. Pasteurisasi merupakan salah satu metode untuk mengolah susu dengan cara menghilangkan mikroorganisme yang menyebabkan penyakit pada susu mentah.

Cara pengolahannya adalah dengan memanaskan susu tersebut pada temperature tinggi. Pasteurisasi juga menjadi pilihan tepat guna mencegah bakteri atau virus pada susu. Sehingga, susu tetap steril dan layak  konsumsi.

Susu Skim

Susu skim atau susu bebas lemak adalah pilihan tepat untuk yang sedang ingin diet. Mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan dapat berujung pada obesitas. Dairy milk atau susu biasa memiliki kandungan 3,25 persen lemak.

Sebuah penelitian oleh Happy Pantry Nutrition juga menunjukkan bahwa susu skim menjadi pilihan tepat susu olahan yang tidak membuat Anda meniimbun banyak lemak.

Susu Grassfed

Seperti namanya, susu sapi grassfed maksudnya adalah susu yang didapatkan dari sapi yang makan rumput-rumputan dan tanpa penambahan hormon pertumbuhan. Pemilik sapi akan memberikan rumput-rumputan dengan cara menggembala sapi di padang rumput.

PT Mirota KSM dengan inovasi terbarunya telah menghadirkan Mirota Grassfed. Susu formula yang menggunakan susu sapi grassfed sebagai bahan utamanya.

susu rendah lemak
Prosteo Plain

Salah satu susu rendah lemak dari PT Mirota KSM adalah Prosteo. Prosteo merupakan susu bubuk skim rendah lemak, tinggi kalsium susu sebagai nutrisi jaringan tulang

Keunggulan:

  • Kandungan Kalsium dalam 100 gr Prosteo adalah 1400 mg, 100 % Kalsium SUSU.
  • Tinggi Protein rendah lemak, bebas Kolesterol dan tanpa gula tambahan
  • Natrium, Kalium, Magnesium dan Fosfor
  • Prosteo dapat dikonsumsi mulai usia 12 tahun keatas untuk menabung Kalsium sejak dini hingga usia50 tahun untuk membantu mengatasi masalah osteoporosis