5 Tips Pilih Susu Kalsium untuk Ibu Hamil yang Tepat

susu kalsium untuk ibu hamil

Susu kalsium untuk ibu hamil sangat dibutuhkan. Semua ibu hamil yang ada dunia ini pasti menginginkan janin dan keadaan ibunya dalam keadaan sehat. Nutrisi yang cukup wajib dipenuhi oleh ibu hamil. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah kalsium dimana mudah juga ditemukan di susu yang dikonsumsi.

Mungkin tidak banyak ibu hamil yang tahu pentingnya memenuhi asupan kalsium. Bahkan banyak juga ibu hamil yang mengabaikan hal tersebut dan tidak mengkonsumsi suplemen maupun susu penambah kalsium. Sebenarnya hal tersebut kurang baik untuk kesehatan bayi dan ibu hamil. Nah, pahami lebih dulu berbagai macam manfaat dan kebutuhan kalsium bagi ibu hamil.

susu ibu hamil

Seberapa Penting Susu Kalsium untuk Ibu Hamil?

Nah, bagi anda yang sedang hamil disarankan untuk mengkonsumsi susu dengan kandungan kalsium tinggi. Jadi, kalsium yang anda konsumsi akan membantu untuk pembentukan tulang dan otot janin. Tidak hanya itu, tetapi juga akan menguatkan tulang dan otot ketika nantinya anak anda lahir. 

Kalsium yang dikonsumsi ibu hamil juga memiliki peranan penting untuk menjaga detak jantung agar lebih stabil dan saraf berfungsi sempurna. Jadi, kebutuhan kalsium bagi ibu hamil memang tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Selain itu, manfaat lain juga bisa membantu ibu agar terhindar dari risiko osteoporosis dan mencegah komplikasi pada saat masa kehamilan.

Berapa kebutuhan kalsium harian ibu? Mungkin banyak juga yang penasaran. Jadi, menurut Angka Kecukupan Gizi atau AKG dimana merekomendasikan agar para ibu hamil juga menyusui mengkonsumsi 1300 mg kalsium dalam satu hari. Jadi, anda bisa membantu mencukupi kebutuhan tersebut dengan susu kalsium untuk ibu hamil atau menyusui.

Tips Memilih Susu Ibu Hamil yang Baik

susu kalsium untuk ibu hamil

Jika anda mengalami kehamilan untuk kali pertama maka perhatikan berbagai macam asupan makanan dan minum dengan baik. Bahkan untuk memilih produk susu juga harus diperhatikan dengan benar. Berikut akan kami berikan informasi untuk tips memilih susu tepat bagi ibu hamil.

Perhatikan Segel Kemasan

Hal pertama tentu saja para ibu hamil harus memperhatikan segel kemasan. Pastikan tetap terlihat bagus dan aman. Tidak hanya itu, cek tanggal kadaluarsa susu, pastikan masih cukup jauh.

Pilih Susu dengan Kandungan Kalsium Tinggi

Anda tentu sudah memahami bahwa kandungan kalsium  yang dibutuhkan ibu hamil cukup tinggi. Jadi, cobalah mengkonsumsi susu dengan kandungan kalsium tinggi. Kalsium membantu menjaga detak jantung bayi dan membentuk otot juga tulang.

Pilih Susu dengan Protein Tinggi

Selain kalsium, ternyata ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan proteinnya. Pilih susu dengan nilai protein tinggi. Ibu hamil paling tidak membutuhkan 70 gram protein dalam satu hari. Hal tersebut akan membantu perkembangan organ janin menjadi lebih optimal

Perhatikan Kandungan Serat pada Susu

Sembelit adalah salah satu masalah yang biasanya sering dialami oleh ibu hamil. Jadi pastikan untuk memilih susu dengan kandungan serat tinggi. Serat tinggi juga membantu janin anda terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Pilih Susu Kaya Zat Besi

Selanjutnya, sangat penting memilih susu dengan kandungan zat besi tinggi. Zat besi akan membantu anda untuk pembentukan sel darah merah pada bayi. Tidak hanya itu, tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu dan bayi.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih susu untuk ibu hamil. Pastikan semua kebutuhan nutrisi ibu dan janin terpenuhi dengan baik, termasuk untuk kandungan kalsium. Pilih susu kalsium untuk ibu hamil tepat dan sesuai kebutuhan anda.

PT Mirota KSM memiliki produk susu untuk ibu hamil. Ini merupakan salah satu susu terbaik yang ada dipasaran yaitu Lactona Ibu. Lactona Ibu menjadi bagian dari produk mirota grassfed.

Dimana susu yang digunakan berasal dari sapi-sapi New Zealand yang 96% makanannya adalah rumput dan tidak menggunakan hormon pertumbuhan dalam pemeliharaan sapinya. Sehingga nutrisi yang dihasilkan lebih bagus dari sapi-sapi pada umumnya.

Lactona Ibu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral serta kandungan gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil dan menyusui, khususnya Asam folat (Penjelasan bisa dilihat pada penjelasan istilah). Sangat Penting untuk ibu hamil mengkonsumsi asam folat, karena Bermanfaat membantu menghambat kondisi cacat lahir seperti spina bifida dan anencephaly (jaringan otak tidak berkembang).

Kandungan utama dalam Lactona Ibu:

1. Protein
  • selama kehamilan protein diperlukan untuk pertumbuhan jaringan pada janin.
  • 75 gram protein setiap harinya, lebih banyak 25 gram dibandingkan yang lain.
2. Zat besi

Jika kebutuhan zat besi tidak tercukupi, ibu hamil akan mudah lelah dan rentan infeksi. Risiko melahirkan bayi tidak cukup umur dan bayi dengan berat badan lahir rendah juga lebih tinggi. Kebutuhan zat besi bagi ibu hamil yaitu sekitar 33 mg sehari. Ibu menyusui 32 mg

3. Kalsium
  • Janin mengumpulkan kalsium dari ibunya sekitar 25 sampai 30 mg sehari. Terutama trimester ketiga kehamilan.
  • Ibu hamil dan bayi membutuhkan kalsium untuk menguatkan tulang dan gigi. .
4. Vitamin C
  • Merupakan antioksidan yang melindungi jaringan dari kerusakan
  • Wanita hamil setiap harinya disarankan mengkonsumsi 90 mg vitamin C per hari.
  • Ibu menyusui 100 mg vitamin C per hari.
5. FOS
  • Dilengkapi dengan FOS, membantu memelihara saluran cerna dan meningkatkan kekebalan tubuh.
6. DHA
  • Sebagai asupan nutrisi otak dan retina janin dan bayi.

Lactona Ibu dalam kemasan 200 gr, dengan varian rasa Vanila, Coklat dan Stroberi