5 Manfaat Tak Terduga Susu Untuk Tulang Lansia

susu tulang untuk orang tua recomended

Susu tulang untuk lansia dapatĀ mempertahankan kepadatan tulang. Saat memasuki masa lansia kebutuhan gizi yang diperlukan akan berbeda. Minum susu setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi.

Susu menjadi tambahan sumber energi dengan kandungan gizi yang beragan. Manfaat utama susu yaitu mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Dalam hal ini, kalsium bekerja dengan bantuan vitamin D. Vitamin D berperan dalam meningkatkan penyerapan kalsium dalam usus dan menurunkanĀ eksresi di ginjal.

susu kalsium untuk lansia

Manfaat Susu Untuk Tulang Lansia

Berikut adalah manfaat lain dalam minum susu secara rutin untuk para lansia:

1. Membantu Menurunkan Resiko Jantung

Kesehatan jantung sering bermasalah saat lansia. Untuk itu, resiko dapat berkurang jika rajin mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kalium dan potassium. Susu termasuk dalam hal ini.

2. Susu untuk tulang lansia bermanfaat bagi otot

Massa otot akan mengalami penurunan sejalan dengan bertambahnya usia yang dialami sejak memasuki masa lansia. Kandungan protein pada susu dapat membantu menjaga massa otot diimbangi dengan melakukan aktifitas fisik.

Tentu saja, menjaga agar massa otot tetap sehat adalah hal penting. Fungsinya untuk menjaga supaya metabolisme tubuh tetap sehat. Juga, dapat membantu agar berat badan tetap stabil.

3. Mengurangi Masalah Alzheimer

Masalah alzheimer merupakan gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, biasanya terjadi pada masa lansia. Pada susu terdapat kandungan kolin dan DHA yang dapat membantu meningkatkan daya ingat

Itu artinya, susu juga sangat baik untuk mencegah resiko Alzheimer, penyakit yang sering terjadi pada lansia. Itulah mengapa, mereka harus meminum susu ini secara rutin.

4. Menjaga Cairan Tubuh

Air putih masih menjadi minuman terbaik untuk menjaga agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan. Namun, susu juga dapat anda gunakan untuk memenuhi cairan hairan pada lansia. Sehingga, dapat mencegah masalah dehidrasi.

Seluruh lansia wajib meminum susu sebanyak satu gelas saat pagi atau mala hari ketika hendak tidur.

Makanan Yang Bagus Untuk Lansia

Beberapa makanan yang dapat membantu kepadatan tulang selain susu sebagai berikut:

  • Ikan, udang, kerang dan kepiting
  • Kacang-kacangan dan hasil olahannya
  • Sayuran hijau seperti daun singkong,daun bayam, kangkung
  • Telur

Lansia dengan alergi susu atau tidak mampu membeli susu lansia, maka ada beberapa menu makanan yang bagus untuk lansia. Beberapa makanan tersebut mengandung vitamin D dan kalsium tinggi seperti berikut:

  • Makanan laut, contohnya adalah ikan berlemak yaitu salmon dan lainnya.
  • Telur
  • Makanan terfortifikasi, termasuk sereal, susu nabati, dan jus jeruk botol.
  • Sayuran hijau, contohnya adalah sayur bayam, buncis, brokoli, dan kale.

Suplemen kalsium dan vitamin D juga menjadi asupan penting. Apalagi, jika lansia mengalami kekurangan vitamin D dan kalsium. Penggunaan suplemen pada lansia juga harus sesuai arahan dokter. Hal ini penting untuk mencegah adanya efek samping karena konsumsi berlebihan.

Pastikan untuk memilih susu untuk tulang lansia yang tepat sesuai kondisi. Pastikan juga bahwa porsi susu tersebut tidak berlebihan. Jika anda memiliki masalah kesehatan dan ingin tetap memperoleh manfaat dari minum susu, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

susu kalsium tinggi
Prosteo Plus

Salah satu susu kalsium tinggi dari PT Mirota KSM adalah Prosteo Plus.

Susu Prosteo Plus merupakan susu bubuk tinggi kalsium yang diperkaya dengan berbagai macam vitamin, mineral, dan juga inulin sebagai prebiotik. Kandungan lemak yang rendah membuat Prosteo Plus baik dikonsumsi bagi yang sedang menjalani diet rendah lemak dan kolesterol. Susu Prosteo Plus tinggi kalsium dengan jumlah 605 mg/ saji. Maka dengan konsumsi 1 gelas susu Prosteo Plus dapat memenuhi 65 % kebutuhan kalsium harian kita. Kalsium yang difortifikasi dalam susu Prosteo Plus ini merupakan kalsium susu asli. Kaslium susu asli sangat baik digunakan oleh tubuh karena mudah diserap tubuh tidak menyebabkan pengendapan di ginjal dan juga persendian.