3 Manfaat Utama Susu Low Fat Untuk Kesehatan dan Ciri-cirinya

susu low fat
susu low fat

Pernah dengar susu low fat? Susu ini kerap kali digunakan oleh beberapa orang yang ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya itu tetapi susu rendah lemak ternyata memiliki berbagai macam manfaat untuk menurunkan resiko penyakit kronis. Untuk menemukan susu rendah lemak sebenarnya sudah sangat mudah.

Susu rendah lemak juga memiliki berbagai macam jenis sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan susu rendah lemak yang rutin akan membantu menjaga tubuh anda risiko penyakit seperti diabetes, kolesterol, dan masih banyak yang lainnya. Lantas bagaimana ciri-ciri sebenarnya susu rendah lemak?

Ciri-ciri Susu Low Fat yang Baik Dikonsumsi

Susu rendah lemak sering sekali disebut dengan nama semi skim milk. Di dalam kandungan susu tersebut hanya ada lemak sekitar 1% – 2%. Pada proses pembuatannya memang disengaja mengurangi kadar lemak sehingga kalori asupan susu juga ikut menurun.

Selain memiliki ciri-ciri kadar lemak yang rendah ternyata jika dilihat dari tekstur tidak terlalu creamy apabila dibandingkan dengan susu full cream. Namun perlu Anda ketahui, kandungan vitamin seperti A dan D juga turut berkurang sebab adanya proses penghilangan kadar lemak. 

Biasanya susu rendah lemak ini sering digunakan untuk campuran berbagai macam sajian makanan dan minuman. Biasanya Anda menemukan susu rendah lemak pada kopi, puding, maupun sup. Ada berbagai macam jenis susu rendah lemak yang mungkin jarang diketahui oleh konsumen.

Ada jenis susu rendah lemak dengan kadar 1% sampai 2%. Untuk susu rendah lemak dengan kandungan 1% biasanya memiliki 2.5 gram lemak dan kalori 100. Sedangkan untuk susu rendah lemak kadar 2% biasanya memiliki 4,5 gram lemak dan 120 kalori. Anda bisa pilih susu low fat sesuai dengan kebutuhan.

susu low fat

Manfaat Susu Rendah Lemak untuk Kesehatan

Apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh konsumen ketika mereka mengkonsumsi susu rendah lemak? Simak berbagai macam informasi seputar manfaat susu rendah lemak di bawah ini. 

  • Bisa menurunkan berat badan

Sudah bukan rahasia jika susu rendah lemak seringkali digunakan untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat tetapi masih ingin tetap mengkonsumsi susu maka bisa diganti dengan susu rendah lemak dimana kandungan kalorinya sedikit.

  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi 

Manfaat selanjutnya bisa dirasakan oleh konsumen adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jika anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan ingin mencegah terjadinya hipertensi maka konsumsi susu rendah lemak

  • Mengurangi resiko terserang stroke 

Selanjutnya Anda juga bisa mendapatkan manfaat dimana risiko terserang stroke menurun. Karena susu rendah lemak mampu menurunkan tekanan darah tinggi maka risiko terkena penyakit stroke juga berkurang. Tanpa adanya lemak terlalu banyak maka kerja aliran darah di dalam tubuh juga maksimal.

  • Mencegah penyakit diabetes 

Susu rendah lemak seperti yoghurt ternyata juga bisa membantu anda untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2. Adanya penelitian mengatakan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi susu rendah lemak akan memiliki penurunan risiko sebanyak 32% terjangkit penyakit diabetes. Susu rendah lemak nama mampu mencegah kadar gula darah yang terlalu tinggi. 

Ada berbagai macam manfaat yang bisa dirasakan Ketika anda sudah mempengaruhi mengkonsumsi susu rendah lemak. Dengan mengkonsumsi susu rendah lemak maka anda tetap mendapatkan asupan kalsium, vitamin D, dan kalium tanpa khawatir adanya kandungan kolesterol juga lemak di dalamnya. Mulai rutin konsumsi susu low fat demi kebaikan diri sendiri.

susu rendah lemak
Prosteo Plain

Salah satu susu low fat terbaik adalah Prosteo Plain dari PT Mirota KSM. Kandungannya yang lengkap bantu memenuhi nutrisi harianmu.